Siap Digelar 3 Hari. Lebaran Depok Memperkenalkan Tradisi Tempo Dulu

Sawangan, Depokterkini.com

Lebaran Depok yang diagendakan Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) digelar pada Jumat hingga Minggu 3,4 dan 5 Juni 2022.

Lebaran Depok, merupakan pekan kebudayaan daerah dengan menampilkan berbagai kegiatan di antaranya membuat makanan seperti numbuk uli, makanan khas Depok, kesenian, gamang kromong, silat, bazar UMKM, tari, kemedi putar, perlombaan, nganam ketupat hingga motong kebo andil.   

Menurut Sudadih, panita pelaksana, persiapan Lebaran Depok sudah matang. Kegiatan tersebut dibuka pada Jumat 3   hingga Minggu 5 Juni 2022  di Shila at Sawangan, Jalan Raya Bojongsari. 

Lebaran Depok, diakuinya memperkenalkan  tradisi tempo dulu.  Dilaksanakan pada tahun 2019 di Sawangan Vilage, Jalan Raya Muchtar,  namun dua tahun belakangan ini karena Covid-19 kegiatan tersebut diselenggarakan di rumah budaya tapi jumlah yang hadir dibatasi.

“Jadi,  Lebaran Depok tahun 2022 digelar di Shila at Sawangan. Acara tersebut mengundang kepala daerah di antaranya Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Gubernur DKI Anies Baswedan, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Wali Kota Bogor, Bima Arya,” ujar Sudadih yang diamanahkan sebagai panita pelaksana sejak 2019,   dikediamannya kawasan Sawangan Baru pada Kamis 26 Mei 2022 sore.

Bagi warga Depok, diharapkan kehadirannya, karena di Lebaran Depok banyak kegiatan yang dilaksanakan  dari mulai kesenian tradisional, lomba dan hiburan termasuk pembuatan makanan khas seperti numbuk uli, rantangan yang tempo dulu menjadi tradisi orang tua saat silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri , kini di Lebaran Depok tradisi rantangan diperkenalkan.

“Jadi melalui Lebaran Depok mengangkat tradisi tempo dulu, seperti tradisi rantangan diperkenalkan supaya anak dan cucu kita pada kenal. Rantangan di dalamnya berisi makanan dan lauk pauk hingga kue biasanya di bawa orang tua kita saat silaturahmi Idul Fitri,” pungkas Camat Limo.(dib)


Posting Komentar

0 Komentar