TPA Cipayung Overload, Warga Diimbau Lakukan Pemilahan Sampah

 

Sawangan, Depokterkini.com

Aparatur Pemerintah Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok menggelar pelatihan daur ulang sampah dengan menghadirkan narasumber Koordinator Bank Sampah Kecamatan Sawangan, Daud Sulaeman dan Aldi Pratama Penyuluh Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Daud Maulana, mengatakan,  sosialisasi tentang pemilahan sampah Kota Depok ini memang program tahunan dari Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup kemudian dilanjutkan ke tingkat kelurahan

Tujuannya, kata dia,  agar masyarakat memahami terkait pemilahan sampah sehingga sampah dapat dipilah, sesuai jenisnya organic dan anorganik. “Untuk sampah anorganik atau sampah kering bisa dikumpulkan di bank,” ujar Daud sebelum kegiatan pelatihan dan pemilihan daur ulang sampah  pada Selasa (21/06/2022) di aula Kelurahan Pasir Putih.

Dengan pengelolaan sampah, lanjutnya, sampah tidak dibuang ke TPA Cipayung, karena sampah disana sudah overload.

Di wilayah Kelurahan Pasir Putih, ditambahkannya  sudah berjalan bank sampah  yaitu, RW 3, satu bank sampah satu. RW 5 satu bank sampah, RW 6 satu bank sampah, RW 8 satu bank sampah, RW 9 satu bank sampah, RW 10 ada sekitar 4 dan  RW 11 satu bank sampah. “Jadi di Pasir Putih kurang lebih ada 11  bank sampah,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Aldi Pratama, menambahkan,  sosialisasi pemilahan sampah dan produk daur ulang di Kelurahan Pasir Putih untuk memberikan penyegaran pemahaman kembali pada warga untuk menjalankan anjuran pemilahan yang sudah diimbau  dalam Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah di Kota Depok.

Dengan pengelolaan sampah, lanjut dia, sampah tidak dibung ke TPA Cipayung. “Yang masuk ke TPA adalah sampah residu,” ujarnya. 

Peserta pelatihan pemilihan daur ulang sampah  di antraanya para kader PKK dan RW. Kegiatan tersebut dibuka Kasie Ekbang Kecamatan Sawangan, Zainal Arifin didampingi Lurah Pasir Putih, Cucu Suardi.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar