Hadiri Workshop Germas. Idris : Cegah Penyakit Tidak Menular Dengan PHBS

 

Cilodong, Depokterkini.com

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok perilaku masyarakat Depok masih berisiko menyebabkan penyakit tidak menular yang harus dicegah sedini mungkin."Penyakit tidak menular rata rata diderita oleh lansia. Itu diketahui dari monitoring Posbindu dan datanya ada di Dinkes," tuturnya usai menjadi narasumber acara Workshop Germas dan PHBS di Gedung Pramuka Jalan Boulevard, GDC, Cilodong, Depok, Rabu (20/07/22).

Tidak hanya lansia, lanjut Idris, akhir-akhir ini usia 30 tahun keatas pun sudah menderita penyakit tidak menular seperti kelainan jantung, dan lainnya. Karena itu, harus dihentikan dan diantisipasi dengan PHBS.

Lebih lanjut Idris mengatakan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Depok terkait perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan rumah tangga tahun 2021 sebesar 76,88 persen.

Sedangkan distribusi berdasarkan kecamatan, lanjut Idris terdapat tiga kecamatan dengan persentasi PHBS rumah tangga terendah yaitu pertama kecamatan Sawangan 65,38 persen, kedua kecamatan Cilodong 68,78 persen dan ketiga kecamatan Cipayung 70,83 persen."Ini menjadi PR dan perhatian pemerintah," ucap Idris.

Idris menargetkan di tahun 2026 Kota Depok dapat meraih Kota Sehat. Hal itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok tahun 2021-2026. "Tahun 2026 kita targetkan Depok jadi Kota Sehat. Dasar menjadi kota sehat adalah Open Defecation Free (ODF) nol persen. Jadi warga Depok kalau ingin mencapai Kota Sehat tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan,"  tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar