Ini Pesan Idris Saat Menjadi Khotib Salat Jumat di Masjid Ar Rahman Tanah Baru


Beji, Depokterkini.com
Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Ar Rahman Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji, Depok, Jumat (15/07/22).
Dalam khotbahnya, Idris berbicara tentang keutamaan doa kepada Allah SWT.

“Jangan meremehkan doa. Ini perlu dipahami, mengapa demikian?, karena doa merupakan ibadah bernilai ritual,” kata Idris.

Dia melanjutkan, dengan sadar, Allah SWT menegur umat Islam bahwa orang-orang yang tidak pernah meminta atau jarang meminta kepada-Nya adalah orang-orang yang berindikasi kesombongan. Sebab, ujar dia, doa merupakan bukti kepatuhan, kerendahan diri umat Islam di hadapan Allah SWT, hal itu diisyaratkan dalam Surat Al-Mu’min Ayat 60.
“Rabb pun berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina,” tutur Idris.

“Yang mungkin kita manusia ingin buru-buru diijabah. Padahal Allah SWT menegaskan dalam firmannya ini, akan mengijabah permintaan doa-doa hamba-Nya. Bisa jadi Allah SWT masih menyimpan jawaban untuk diberikan kepada kita disaat butuh. Mungkin saja Allah SWT menyimpan dan akan hadir yang luar biasa saat kita masuk ke alam akhirat dimana bekal kita di dunia masih kurang. Dan banyak pertimbangan-pertimbanhan yang kita tidak tahu ke Maha Bijaksanaan Allah SWT, yang intinya doa kita dikabulkan oleh Allah SWT,” paparnya.

Selain itu, ujar Idris, doa adalah ibadah, di juga norma kehidupan sosial setiap manusia. Karena doa-doa yang diajarkan Rasulullah SAW merupakan panduan atau pedoman untuk kehidupan manusia.

Idris juga menuturkan, doa juga untuk memperbaiki kehidupan duniawi. Seperti setiap individu harus berupya memperbaiki pekerjaan agar menghasilkan rezeki-rezeki yang sudah disiapkan Allah SWT, untuk kehidupan anak cucu hingga kehidupan masyarakat.

“Mudah-mudahan pedoman ini dapat kita laksanakan untuk meningkatkan kehidupan agama kita, duniawi kita dan ukhrowi kita,” tandas Idris.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar