Kelurahan Serua Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

  

Bojongsari, Depokterkini.com

Aparatur Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok mengelar kegiatan pelatihan tangggap bencana, pada Rabu (27/07/2022) di aula kelurahan setempat.

Kegiatan tersebut dibuka Sekel Serua, Ikhwan mewakili Lurah Serua, H Sanuddin  menghadirkan narasumber Kepala UPTD Damkar Bojongsari, Munadi.

Ismet Sutisna, Kepala Seksi Pemerintahan dan Tramtib yang juga pelaksana kegiatan mengatakan, pelatihan tanggap bencana di Kelurahan Serua sebagai antisipasi bencana alam.

Menurutnya, di wilayah Kelurahan Serua pernah terjadi  seperti  angin puting beliung hingga memporakporandakan rumah penduduk. Dari peristiwa tersebut, kata dia, perlu diantisipasi dengan melaksanakan pelatihan.

Kegiatan ini, sambung dia, diikuti sebanyak 40 dari unsur RT dan RW, termasuk Karang Taruna. “Kami berharap dengan adanya pelatihan tanggap bencana ini para peserta  pelatihan bisa menyerap ilmu dari narasumber, kemudian bisa mengambil langkah antisipasi jika terjadi bencana” ujarnya.

Sebelumnya, Munadi, Kepala UPTD Damka Bojongsari  mengigatkan, jika terjadi bencana alam jangan nonton, tetapi berpartisipasi untuk memberikan bantuan. 

Dia juga menjelaskan, mengenal tanda-tanda longsor, yaitu air sumur mengeruh, kerusakan hutan, ada aliran sungai di dasar lereng, pembebanan berlebihan di atas lereng (pencetakan sawah/kolam ikan), pohon, ranting hanyut di sungai, air tanah keluar secara tiba-tiba pada lereng jalan, tiang listrik tak beraturan atau pohon miring, daerah longsoran lama, masih hujan tetapi air sungai surut.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar