Lahan Terbatas, Budidaya Ikan Bisa Manfaatkan Lahan Pekarangan

Sawangan, Depokterkini.com

Sebanyak 20 orang pembudidaya ikan konsumsi di wilayah Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok mengikuti pelatihan budidaya ikan yang diselenggarakan aparatur kelurahan setempat.

Pelatihan budidaya ikan dengan menghadirkan narasumber Nurjali, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA)  Kecamatan Sawangan.

Menurut Nurjali, pelatihan ikan konsumsi ini menyesuaikan dengan kondisi sekarang ini.  “Kalau dulu kan teman-teman pembudidaya  mempunyai kolam  ikan atau empang yang digunakan untuk budidaya ikan,” ujarnya. 

Namun, dikatakan lebih lanjut, saat ini lahan terbatas, empang sudah beralih fungsi jadi rumah dan bangunan  sehingga budidaya ikan bisa memanfaatkan pekarangan. 

“Jadi, budidaya ikan bisa memanfaatkan pekarangan,” ulasnya pada Rabu (13/07/2022) sebelum memberikan materi kepada peserta pelatihan.

Budidaya ikan konsumsi, ditambahkannya,  merupakan potensi dan harus terus dilakukan para petani karena sekarang ini ikan konsumsi sangat dibutuhkan, seperti untuk kuliner dan kebutuhan lainnya.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan seperti ini  para petani berhasil menyediakan ikan konsumsi yang lebih banyak. Adapun budidaya  dilakukan jenis  ikan gurame,” pungkasnya. 

Acara dibuka Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan, Kecamatan Sawangan, Zainal Arifin dihadiri Lurah Pasir Putih, Cucu Suardi, Sekel Pasir Putih, Umar.

Cucu Suardi menuturkan,  dilaksanakannya  kegiatan pelatihan ini  untuk memperkuat keberadaan petani ikan, meski saat ini keterbatasan lahan namun bisa memanfatkan pekarangan, sehingga memiliki hasil yang lebih baik.

Dari pelatihan ini, ditambahkannya, diharapkan bisa disampaikan kepada masyarakat lainnya di wilayah Pasir Putih sehingga menjadi manfaat. 

“Dari 20 orang yang hadir saat  ini merupakan perwakilan  petani pembudidaya ikan bisa memberikan ilmu yang di dapat kepada petani lainnya,” pungkasnya.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar