Miliki Semangat Daya Juang. Idris : Permaianan Tradisional Harus Dilestarikan

 

Balaikota, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau berbagai perlombaan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia 2022.

Pada kesempatan itu, Idris mengatakan, berbagai perlombaan tradisional itu bukan hanya sekadar rekreasi, namun juga memiliki semangat daya juang persaingan yang sehat.

“Ragam permainan tradisional khas 17 Agustus memiliki semangat daya juang, juga bagian perjuangan yang intinya bela negara dalam nuansa sekarang,” kata Idris usai meninjau berbagai lomba tradisional yang diikuti Perangkat Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di lapangan Balai Kota, Jumat (12/08/2022).

Sejumlah permainan tradisional yang dilombakan di antaranya lomba ketapel, lomba engrang, lomba balap karung dan lomba junjung tampah.

Dikatakan Idris, berbagai lomba tradisional tersebut diharapkan dapat melestarikan permainan olahraga tradisional tanah air.

“Tentunya harus diperkenalkan ke masyarakat. Sebab mereka (ASN Perangkat Daerah) yang mengikuti lomba rata-rata tokoh di lingkungan masyarakatnya,” tutur Idris.

“Lomba tradisional seperti ini yang sudah pudar. Tetapi saya tanyakan tadi, komunitas ketapel di Kota Depok sudah hampir 300-an orang, bahkan sudah masuk ke event Jawa Barat, ini yang perlu disosialisasikan ke masyarakat,” tutur Idris.

Selain lomba permainan tradisional, pada rangkaian perlombaan juga diadakan lomba Fashion Day yang menampilkan motif-motif Batik khas Kota Depok.

Menurut Idris, perlombaan Fashion Day menjadi salah satu cara mensosialisasikan beragam motif batik Kota Depok.

“Dengan Fashion Day ini memperkenalkan ke teman-teman (ASN) tentang motif-motif batik Depok. Tentunya dengan dibentuk dengan berbagai gaya, seperti casual,” tandas Idris.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar