PNJ Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan LX International. Siap Ciptakan Talenta Muda Bidang Digital

Beji, Depokterkini.com

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) bersama lima Perguruan Tinggi vokasi lainnya menandatangani perjanjian kerjasama dengan LX International dalam mendukung pendidikan digital di Indonesia. 

Penandatanganan kerjasama  dilakukan di Aula Gedung Direktorat Politeknik Negeri Jakarta, lingkungan Kampus UI, Depok, Selasa (22/08/22).

Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Dr. sc. Zainal Nur Arifin, Dipl. Eng. HTL. MT  mengatakan program kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya untuk menciptakan talenta-talenta muda dibidang digital.

"Saya apresiasi program yang diinisiasi pak Wikan. Jadi apapun upaya untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan dibutuhkan industri kita selalu support," kata Zainal Nur Arifin.

Menurutnya, Indonesia sangat membutuhkan banyak talenta-talenta muda dibidang digital sejalan dengan era transformasi digital. Karena itu, lanjutnya, PNJ ikut bergabung  menjadi semacam training center untuk menciptakan talenta-talenta digital.

"PNJ sebagai pendidikan tinggi vokasi memiliki tugas menghasilkan sumber daya manusia yang unggul berkompetensi dan dibutuhkan industri. Kita juga membina  SMK untuk meningkatkan kompetensi dari lulusan SMK. Jadi mereka memiliki nilai lebih  setelah mendapat pelatihan dari PNJ," imbuhnya.

Wikan Sakarinto, sebagai academic advisor LX International mengatakan, sesuai laporan Sea e-Economy 2021, Indonesia membutuhkan 17 juta SDM yang kompeten dalam teknologi digital.

"Pada tahun 2030 nanti, Indonesia membutuhkan setidaknya 17 juta talenta-talenta digital. Kita sekarang sangat kekurangan dan harus bisa mencukupi itu dalam waktu cepat," ujar Wikan 

Caranya, kata Wikan, learningX kita coba adopsi praktek sukses di Korea Selatan untuk diterapkan di SMK-SMK se-Indonesia dan perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Sehingga masuk kurikulum yang diselaraskan, diikuti penerapan Project-based Learning (PBL), dan kolaborasi dengan mitra-mitra perusahaan learningX untuk magang hingga perekrutan kerja.

"ini sebuah ekosistem lengkap dan butuh gotong royong bersama," tuturnya.

Wikan menambahkan, penandatanganan kerjasama ini merupakan kali kedua dilakukan dengan perguruan tinggi vokasi yang bersedia menjadi academic alliance.

" Hari ini PNJ menjadi tuan rumah penandatanganan kerjasama dengan 6 perguruan tinggi vokasi. Minggu lalu juga 6 perguruan tinggi melakukan MoU tapi di Politeknik PENS Surabaya. Jadi total yang sudah kerjasama ada 12 perguruan tinggi vokasi. Ini maaih bisa bertambah lagi."pungkasnya.

Selain PNJ, Kelima Perguruan Tinggi Vokasi yang ikut  menandatangani kerjasama dengan learningX yaitu Politeknik Bandung, Politeknik Negeri Lampung, Sekolah vokasi IPB, dan Politeknik Negeri Balikpapan.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar