Dirjen Bina Pemdes Bahas Konsolidasi Perencanaan Anggaran Program PIU P3PD TA 2022

 

Bogor, Depokterkini.com

Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri  menggelar Workshop Konsolidasi Penyusunan Perencanaan Anggaran Program Lintas Komponen Project Implementong Unit (PIU) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan selama tiga hari, 25-27 September 2022 tersebut dibuka Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa TB. Chaerul Dwi Sapta di Hotel Salak The Heritage Bogor, Jawa Barat.

"Pertemuan ini merupakan wadah Koordinasi dan berbagi informasi tentang Kebijakan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)," kata Chaerul dihadapan peserta workshop.

Menurutnya, Pelaksanaan P3PD memerlukan keterpaduan antara seluruh stakeholder pembangunan terutama keterpaduan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten (termasuk tim kecamatan) sebagai pelaku utama dari P3PD. 

"Masing-masing unit pelaksana program tersebut mempunyai peran dan tanggung jawab  masing-masing dalam pencapaian program, maka sebagai bagian dari implementasi pengembangan kapasitas sumber daya manusia perlu dilakukan Konsolidasi Penyusunan Perencanaan Anggaran Program Lintas Komponen Project Implementing Unit (PIU) Program Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)," tuturnya.

Chaerul menyampaikan beberapa hal dalam pertemuan tersebut. Diantaranya : 

Pertama, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) proses perencanaan anggaran yang bersumber dari pinjaman luar negeri (loan).

Kedua, menyempurnakan SOP HAP (Hubungan Antar Pihak)  P3PD.

Ketiga, Finalisasi Pedoman Umum Program P3PD;

Keempat, melakukan Perencanaan percepatan kegiatan Program P3PD diseluruh komponen;

Kelima, Mengkonsolidasikan perencanaan anggaran tahun 2023 seluruh komponen;

Keenam, Identifikasi permasalah dalam perencanaan anggaran program lintas komponen P3PD.

"Saya berharap forum ini dapat berjalan dengan suasana kerja yang terbuka, kondusif, dan produktif.  Selaku CPMU kami akan sangat mendukung dengan masukan dari Bapak/Ibu sekalian guna meningkatkan Kebijakan Pengelolaan Kegiatan P3PD secara Lintas Komponen," harapnya.(wan)

 

Posting Komentar

0 Komentar