Dirjen Bina Pemdes Pantau Secara Virtual Pilkades Serentak di Kabupaten Luwu Utara

Jakarta, Depokterkini.com

Sebanyak 23 Desa di 11 Kecamatan, Kabupaten Luwu Utara,  Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Rabu (28/09/22).

Pilkades diikuti 68 calon kepala desa terdiri 67 calon kepala desa laki-laki dan 1 calon kepala desa perempuan  dengan jumlah DPT sebanyak 33.121 pemilih yang tersebar di 82 TPS. 

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Luwu Utara sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Sementara, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Luwu Utara sudah dinyatakan dalam Surat Bupati Luwu Utara Nomor 140/5556/DPMD/2022 tanggal 15 September 2022 hal Laporan Kesiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan pemantauan secara virtual untuk melihat praktek langsung dari penerapan protokol kesehatan selama pilkades serentak di Kabupaten Luwu Utara. Secara umum, berdasarkan laporan dari tim pemantau daerah di TPS desa sampel bahwa proses pemungutan suara sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 dimana pada TPS tersebut sudah menyediakan sarana cuci tangan, thermo gun, sarung tangan sekali pakai hingga penyemprotan disinfektan secara berkala.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo memberikan arahan kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk tetap waspada dan tidak lengah terhadap pandemi Covid-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan baik pada saat penghitungan suara maupun pelantikan kepala desa terpilih, serta berharap seluruh kepala desa terpilih merupakan pilihan terbaik sesuai hati nurani masyarakat yang sekiranya dapat semakin memajukan desa sekaligus mendukung visi misi kepala daerah.(wan)

 

 



Posting Komentar

0 Komentar