Dosen PNJ Berikan Pelatihan Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM di Kelurahan Curug

Bojongsari, Depokterkini.com

Tim dosen Program Studi D4 Administrasi Bisnis Terapan, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa pengenalan digital Enterpreneurship kepada para pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, pada Selasa 30 Agustus 2022.

Kegiatan pengabdian bertemakan: “Digital Enterpreneurship: Wujud Nyata Kontribusi Ekonomi Kreatif  Masyarakat  dalam Membangun Potensi Daerah berlangsung di aula kantor kelurahan setempat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala UP2M Politeknik Negeri Jakarta, Haolia Rahman, Ph.D. dihadiri Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Ibu Dr. Dra. Iis Mariam, M.si. Perangkat Desa Curug, Para Dosen Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta, dan Mahasiswa Administrasi Bisnis Terapan serta sebanyak 30 pelaku UMKM.

Menurut Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Ibu Dr. Dra. Iis Mariam, M.si. Tujuan kegiatan Pengmas ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kemampuan Digital Marketing terutama bagi para pelaku UMKM di wilayah Kelurahan  Curug sekaligus memperkenalkan pengembangan usaha berbasis data untuk memberi kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam pengelolaan usaha dengan menerapkan program digital. 

Sementara itu, Titik Purwinarti, S.Sos., M.Pd dalam materinya berjudul Komunikasi dan Negosisasi bersama Dr. H. Ridwan Roy T, S.E., M.Si., dan Kadunci, S.E, M.Si., menyampaikan tata cara dengan prinsip dasar komunikasi yang baik. “Bila kita review sejak awal atau bangun tidur banyak kata-kata yang disampaikan namun tidak maksimal korelasi yang diinginkan, tetapi ada verbal speaking yang kita sampaikan dengan sikap yang cepat dipahami oleh rekan bicara kita”, tutur Titik Purwinarti.

"Dengan berbahasa yang baik kita dapat menerapkan dalam bidang usaha apa saja, sehingga literasi ini dalam kebiasaan sehari-hari dapat mempengaruhi kiat-kiat usaha digital marketing yang akan kita kembangkan”, papar Titik.

Sesi 2 diisi dengan materi Public Speaking di Platform Digital yang disampaikan oleh Dr. Dra. Iis Mariam, M.si., Fortuna Zain, S.E., M.Si., dan Azwar, S.E., M.M., menyebutkan, penerapan bisnis berbasis data digital enterpreneurship perlu diketahui dimana tempat untuk menampilkan produk.

" Konsumen harus diyakinkan bahwa produk kita ini adalah nomor 1 dengan gaya bicara teratur, dan attitude nya juga lebih mengarah kepada produk yang akan dijual melalui sosmed digital bisa tersampaikan kepada pembeli. Sehingga, kita memiliki pangsa pasar di masyarakat luas yang betul-betul memberi kontribusi wujud nyata kepada masyarkat dalam meningkatkan produk-produk yang kita geluti agar tetap update,” ucap Iis Mariam. 

Menurutnya, tatacara menyampaikan pesan dan komunikasi untuk cepat dimengerti oleh konsumen, sengaja dilatih kepada para owner yang mengikuti seminar ini, agar dapat meyakinkan konsumen dalam menawarkan jenis produk yang digeluti, sehingga betul-betul dijiwai dan cepat memberi rangsangan terhadap konsumen dengan tatacara menjualkan produk yang kita miliki, tutur Iis Mariam.

Irwan, S.Kom. dari National Trainer di Bidang Digital Marketing, dalam materinya berjudul Strategi Pemasaran Digital menjabarkan beberapa trik pemasaran produk digital marketing dan pengembangan serta pengelolaan produk kuliner maupun jenis lainnya." Di era millennial ini cukup dengan handphone yang kita punya bisa menjadi sarana penjualan produk," pungkas Irwan yang juga sebagai Consultant IT, dan Penggiat UMKM.

Kegiatan ini didukung penuh Lurah Curug, Juanda, S.H. dan bertindak sebagai moderator dalam kegiatan tersebut, Dr. Nining Latianingsih, S.H., M.H.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar