Empat Desa di Kota Denpasar Gelar Pilkades

Jakarta, Depokterkini.com

Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto Huntoyungo melakukan pemantauan secara virtual pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022  di Kota Denpasar melalui zoom meeting bersama jajaran Pemerintah dan unsur Forkpimda Kota Denpasar,  Minggu (18/09/22)

Hadir dalam zoom meeting tersebut, Sekda Kota Denpasar, Kapolres Kota Denpasar, Dandim,  Kepala Dinas PMD Provinsi Bali, Kabid PMD Dukcapil Kota Denpasar, dan para Camat dari tiga wilayah kecamatan.

Pelaksanaan Pilkades di Kota Denpasar dilakukan di 4 Desa yang tersebar di 3 wilayah kecamatan. 

Yusharto dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kota Denpasar merupakan salah satu dari 19 kota di Indonesia yang masih memiliki desa. Untuk itu diadakan Pilkades.

Dari pelaksanaan Pilkades serentak di Indonesia, sampai saat ini belum dicabut masa pandemi covid-19 sehingga dalam pelaksanaan Pilkades harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan terselenggaranya Pilkades di Kota Denpasar, ujarnya, maka bertambah jumlah desa yang akan melaksanakan pilkades di tahun 2022.

" Dari hasil pemantauan pelaksanaan Pilkades di tahun 2022, yang sudah melaksanakan Pilkades sebanyak 81 kabupaten/kota dengan 5745 desa. Kami berharap dengan terselenggaranya Pilkades di Kota Denpasar akan terpilih Kepala Desa yang profesional, amanah, dan kompeten untuk pencapaian visi misi Walikota Denpasar," ujar Yusharto.

Sekda Kota Denpasar menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades hari ini, Minggu (18/09/22) sedang berlangsung di 94 TPS yang tersebar di 4 Desa. Dimulai sejak pukul 07.00 dan berakhir pukul 13.00.

"Kita harapkan semuanya berjalan dengan tetib, aman, lancar dan kondusif," harap Sekda.

Sekda juga melaporkan bahwa pelaksanaan Pilkades tetap mengacu sesuai peraturan, yaitu Permendagri No 72 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Permendagri No 112 tahun 2014 tentang pemiliham kepala desa. Kemudian Instruksi Mendagri No 4 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat pada kondisi covid 2019 di wilayah Jawa dan Bali.

"Pelaksanaan Pilkades di 4 Desa tetap sesuai dengan aturan yang ada dan menerapkan protolol kesehatan. Dari 4 desa yang menyelenggarakan Pilkades, seluruhnya zona hijau," jelas Sekda.

Kapolres Kota Denpasar menambahkan, sesuai hasil pemantauan pelaksanaan Pilkades di 4 desa untuk sementara berlangsung dengan aman."Sejak pagi sudah ditempatkan personil di TPS dan dilakukan pemantauan di lapangan. Selanjutnya kami masih menunggu perkembangan," terang Kapolres.

Adapun 4 Desa yang menyelenggarakan Pilkades yaitu Desa Paguyangan Kaja dengan dua calon kades, 14 TPS dengan jumlah DPT 6256 suara. Desa Dangin Puri Klod dengan dua calon kades, 23 TPS dan jumlah DPT sebanyak 7230 suara. Desa Kesiman Kertalangu dengan dua calon kades, 31 TPS dan jumlah DPT sebanyak 11.892 suara.

Terakhir, Desa Tegal Kertha dengan dua calon kades, 26 TPS dan jumlah DPT sebanyak 10.604 suara.(wan)






Posting Komentar

0 Komentar