Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional 2022 Kades Sumber Agung Paparkan Dua Inovasi

 

Jakarta, Depokterkini.com

Kepala Desa Sumber Agung kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Edi Santoso mengaku optimis bisa menjadi juara dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2022.

Menurut dia, ada dua inovasi yang menjadi unggulan Desanya hingga bisa terpilih menjadi salah satu peserta lomba Desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2022 ini.

Kedua inovasi tersebut yaitu inovasi pelayanan dan inovasi peningkatan ekonomi. 

Untuk inovasi pelayanan, dirinya telah menerapkan sistem informasi desa (SID) dalam melayani masyarakat.

 "Kita lakukan pelayanan secara online, seperti pembuatan kartu keluarga cukup dari rumah menggunakan aplikasi dan kita siap mencetak dan  dikirim ke warga. Kita kirim fisiknya langsung ke rumah. Termasuk bikin KTP bisa langsung di kantor desa tidak perlu ke dinas dukcapil lagi. Kita lakukan pelayanan cepat,"tuturnya.

Sedangkan inovasi peningkatan ekonomi, lanjutnya, berupa pendapatan asli desa dan penggunaanya  pun sangat jelas dan transparan karena sudah dimasukkan dalam anggaran pendapatan belanja desa (APBS)."Pendapatan ini kami kelola sendiri diluar bantuan pemerintah daerah maupun pusat. Penghasilan asli desa sejak 2018 hingga saat ini mencapai Rp 1 miliar lebih," ujarnya.

Bupati Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Sri Djuniarsih yang ikut mendampingi Kades Sumber Agung mengatakan target awal mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat regional ini adalah bisa mendapatkan pembinaan,  baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. 

Dengan pembinaan-pembinaan dan potensi yang kami miliki dipastikan akan banyak dukungan anggaran dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur.

Adapun unggulan Desa Sumber Agung, jelas Bupati,  berupa Inovasi pemanfaatan lahan sawit kerjasama dengan koperasi dan hasilnya dijual ke pengusaha setempat. Sehingga bisa mensejahterakan masyarakat.

Sri Djuniarsih berharap Desa Sumber Agung bisa menjadi nuara dalam lomba desa dan kelurahan ini sehingga bisa mendapat bantuan anggaran dari pemerintah pusat."Harapannya dapat bantuan anggaran dari pusat. Mudah-mudahan bisa menjadi juara naaional nomor 1," ucapnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar