Kelurahan Kanigoro, Madiun Manfaatkan Wifi Gratis Untuk Kesehjateraan Rakyat

Jakarta, Depokterkini.com

Sekeraris Daerah (Sekda) Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur,  Soeko Dwi Handiarto mengatakan pemerintah Kota Madiun telah menyediakan sebanyak 1800 titik wifi gratis yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Madiun.

Keberadaan fasilitas wifi gratis tersebut dimanfaatkan aparat kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo untuk sosialisasi berbagai program pemerintah, termasuk program kelurahan kepada warganya.

"Kelurahan Kanigoro memanfaatkan fasilitas wifi gratis tersebut untuk kepentingan dan kesehjateraan masyarakat. Terutama saat pandemi covid-19 lalu. Mereka memanfaatkan melalui podcast untuk sosialisasi penanganan covid," kata Soeko, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dikatakan Soeko, sosialisasi yang dilakukan Kelurahan Kanigoro berupa program inovasi kreatif dan umkm sekaligus pemasarannya. Semuanya dipasarkan melalui podcast." Jadi podcast dimanfaatkan warga untuk memasarkan produknya," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Diah Ayu Nawang Wulan mengatakan kelurahan Kanigoro memiliki podcast untuk sosialisasi dengan memanfaatkan wifi yang terpasang di 72 titik di setiap RT.

"Podcast itu sangat berperan pada saat pandemi covid-19. Kita sosialisasikan masalah penanganan covid sekaligus program-program pemerintah Kota Madiun kepada maayarakat. Di Kota Madiun hanya Kanigoro yang punya Podcast," ungkap Wulan.

Disisi lain, lanjut Wulan, untuk membangun tingkat perekonomian, Walikota Madiun telah menerapkan membangun lapak-lapak di setiap kelurahan."Kita sudah punya lapak untuk para UMKM agar bangkit kembali pasca pandemi covid," tuturnya.

Wulan juga berencana pada tahun 2023, akan membangun kampung tematik." Di kampung tematik nantinya akan ditanami pertanian komoditi bahan baku nasi pecel sepertu cabe, kacang, toge dan kolam ikan nila. Termasuk membuat galeri untuk pendidikan pembuatan nasi pecel," tandasnya.(wan)

 

Posting Komentar

0 Komentar