Pariwisata dan Layanan Digital Jadi Unggulan Kelurahan Jelitik, Bangka Belitung

Jakarta, Depokterkini.com

Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi besar  di bidang pariwisata yaitu berupa wisata pantai

yang sangat indah, dan ada juga perbukitan "Potensi pariwisata ini untuk pemberdayaan masyarakat. Kita dorong Pokdarwis untuk mengelola pemberdayaan masyarakat di bidang pariwisata," ujar Lurah Jelitik, Achmad Riyadi di Jakarta pada 8 September 2022.

Selain potensi wisata tersebut, kata Achmad, ada juga potensi pemberdayaan masyarakat  yaitu Kampung kelapa, dan kampung santri."Dari kampung kelapa banyak menghasilkan produk yang bisa dijual seperti sikat sabut, keset dan sapu. Semuanya bekerjasama dengan pentahelix," ungkapnya. 

Sedangkan inovasi pelayanan kelurahan Jelitik adalah berbasis aplikasi bernama Digelitik atau Digitalisasi kelurahan yaitu pelayanan online seperti aplikasi Jelitik Mempesona, Sipardi (sistem pengasrsipan digital), Gelitik (Gerakan Literasi Jelitik) dan Sicantik (Sistem cepat administrasi Jelitik), serta Petik (Peta tematik Jelitik).

"Semua layanan digital tersebut untuk memudahkan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretarus Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Andi Hudirman mengatakan semua yang menjadi unggulan di kelurahan Jelitik akan kita coba kembangkan dengan desa dan kelurahan yanh ada di Kabupaten Bangka.

"Minimal kelurahan lain bisa mencontoh. Desa mempunyai dana desa yang cukup baik karena itu desa-desa bisa mengikuti sistem digitalisasi untuk pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar