Program Kampung Kambing Desa Kendal Bulur Jadi Andalan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional

 


Jakarta, Depokterkini.com

Program Kampung Kambing menjadi salah satu andalan Desa Kendal Bulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur untuk menjadi calon juara pada Lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional tahun 2022.       

Program Kampung Kambing yang digagas Kepala Desa (Kades) Kendal Bulur, Anang Mustofa berupa pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelompok masyarakat (Pokmas) di bidang peternakan  ini mewajibkan setiap 1 RW ada 1 kelompok budi daya kambing dan di subsidi dari dana desa. 

"Hingga saat ini jumlah Kambing di Desa Kendal Bulur sudah seribu lebih. Bahkan hari ini angka kelahiran bayi dengan angka kelahiran kambing lebih tinggi angka kelahiran kambing," kata Anang Mustofa usai memamparkan program unggulannya dihadapan tim penilai di gedung C Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Jalan Raya Pasar Minggu KM.19 Jakarta Selatan, pada Selasa (06/09/22).

Dikatakan, dari budidaya penggemukan kambing tersebut hasilnya dijual sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, dari budidaya penggemukan kambing terdapat satu kelompok khusus melakukan budidaya kambing etawa." Dari budidaya kambing etawa kita buat susu kemasan dan dijual," ungkapnya.

Anang berharap dengan program unggulan tersebut, Desa Kendal Bulur bisa menjadi juara dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2022 ini."Harapan saya dalam lomba ini bisa masuk 3 besar. Syukur-syukur juara 1," harapnya.

Bupati Tulung Agung,  Provinsi Jawa Timur, Maryoto Birowo turut memberikan support kepada Kades Kendal Bulur yang menjadi salah satu finalis lomba desa dan kelurahan tingkat regional.

"Kita dukung dan support dari berbagai segi, utamanya dalam pembinaan managerial, baik tata kelola pemerintahan, dan perekonomian. Termasuk pembinaan dari seluruh OPD ," ujarnya.

Maryoto juga berharap Desa Kendal Bulur bisa menjadi juara dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional ini."Kita optimis bisa juara," tutupnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar