Tingkatkan Daya Saing Pendidikan. Dosen PNJ Berikan Konsep Pentahelix Kepada Guru dan Kepsek TK di Sawangan

 

Sawangan, Depokterkini.com

Dosen dan mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga-Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) kembali melaksanakan program pengabdian masyarakat sebagai salah satu dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan bertemakan "Implementasi konsep Pentahelix  dalam meningkatkan pelayanan administrasi dan daya saing organisasi pada pendidikan Taman Kanak-Kanak di Depok" 

dibuka oleh Haolia Rahman, ST., MT., P.hD selaku Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M)-PNJ di Aula TK Aisyiah Bustanul Afthal 15, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, pada Rabu 31 Agustus 2022.

"Kegiatan ini menjadi bagian penting bagaimana para dosen PNJ membangun kemitraan dan berbagi pengetahuan serta keterampilan kepada para Guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak sebagai jawaban konsep Pentahelix telah diimplementasikan," kata Haolia Rahman dalam sambutannya.

Dr. Dra. Iis Mariam, M.Si selaku Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Jurusan Administrasi Niaga-PNJ mengatakan konsep Pentahelix harus diimplementasikan dalam upaya meningkatkan daya saing organisasi pendidikan dimulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi." Konsep pentahelix terdiri dari unsur: pemerintah, perusahaan, asosiasi, masyarakat dan media menjadi penting untuk dilibatkan dalam pengembangan organisasi pelayanan dan pembelajaran di lingkungan sekolah Taman Kanak-Kanak di Sawangan, Depok," tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Depok, Ai Miswati, S.Pd.AUD. menyampaikan kompetensi para guru dan kepala sekolah di lingkungan pendidikan Taman Kanak-Kanak harus tetap adaptif dengan perubahan, selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada para siswa, orang tua siswa dan juga masyarakat.

 "Peran Guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak dalam era pandemi saat ini dibutuhkan kemampuan pola pembelajaran yang kreatif, inovatif serta tetap mampu menyenangkan para siswa belajar," terangnya.

Kegiatan dihadiri para dosen dan mahasiswa dari jurusan Administrasi Niaga-PNJ, serta puluhan Guru dan Kepala sekolah dari 13 TK di kecamatan Sawangan, Depok. 

Dalam kesempatan itu, Tim pengabdian masyarakat PNJ memberikan bantuan berupa alat peraga dan edukasi pembelajaran kepada Kepala Sekolah TK Aisyiah Bustanul Afthal 15, Euis  Nurmalasari, S.Pd  dan Nurhidah selaku Kepala Sekolah TK Aisyiah Bustanul Afthal 18, Sawangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan para narasumber.

Titik Purwinarti, S.Sos., M.Pd. dalam materinya berjudul "Komunikasi dan Administrasi Persuratan " memaparkan Komunikasi yang dilakukan dalam organisasi baik secara lisan maupun tulisan berdampak pada proses pelayanan administrasi.  


"Salah satu bentuk komunikasi tertulis yang  ada di lingkungan sekolah TK adalah kegiatan surat-menyurat baik surat internal maupun surat eksternal," ulas Titik.

Sementara itu, Zaenal Abidin Eko Putro, S.Fhil., M.Si  dengan materi berjudul Komunikasi efektif dalam mendukung pelayanan administrasi guna peningkatan daya saing organisasi menjelaskan 

pelayanan administrasi akan menjadi lebih efisien dan efektif apabila ditumbuhkan pola komunikasi transparan, dilakukan dua arah serta selalu menerima umpan balik termasuk juga kritikan.  

"Pelayanan administrasi yang baik akan berdampak pada upaya peningkatan dan penguatan organisasi sekolah TK di era disrupsi dan dinamis," pungkasnya.

Selanjutnya materi E-Filing dalam meningkatkan daya saing organisasi disampaikan Dr.Dra. Iis Mariam, M.Si dan Endah Wartiningsih, SE., MM, menjelaskan organisasi yang mampu bersaing saat ini adalah organisasi yang memberikan pelayanan prima serta cepat merespon terhadap perubahan yang terjadi dari internal maupun eksternal organisasi. Salah satunya adalah mengelola arsi, arsip elektronik ( E-Filing) saat ini menjadi bagian perubahan dan respon bagaimana mengelola surat masuk dan surat keluar secara elektronik.

" Sekolah  sebagai organisasi dapat membuat sistem yang memudahkan dalam tata kearsipan baik mengelola, menyimpan dan menemukan kembali surat yang diperlukan," ungkap Iis Mariam.

Materi selanjutnya disampaikan Lieke Puspasari, M.Si., M.Psi berjudul Menggali Potensi diri dalam meningkatkan kompetensi organisasi. 

Ia menjelaskan bahwa  kompetensi  merupakan karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektivitas performa yang dapat dilihat dari perilaku, cara berpikir dan gaya bertindak.  "Kompetensi para Guru dan Kepala Sekolah TK saat ini harus terus ditingkatkan tidak hanya dari pengetahuan dan keterampilan tetapi juga membangun sikap yang  professional sehingga menjadi pribadi yang unggul," tandasnya

Dr.Nining Latianingsih, SH., MH selaku moderator menyimpulkan konsep Pentahelix menjadi tonggak baru bukti sinergi dan kolaborasi pendidikan TK dengan PT, masyarakat, media  serta asosiasi yang telah dibutkikan dengan keterlibatan Ikatan Guru Taman Kanak Kanak (IGTK) Depok sehingga mampu meningkatkan pelayanan dan daya saing organisasi.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar