Tingkatkan Perekonomian Warga. Kelurahan Sumber Rejo, Kaltim Kembangkan Kampung Kangkung

Jakarta, Depomterkini.com

Lurah Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Paing mengatakan untuk meningkatkan perekonomian warga, beberapa program telah dilakukan terutama program pemberdayaan masyarakat.

Diantaranya Kampung Kangkung yang dijadikan wisata edukasi di Kelurahan Sumber Rejo ini merupakan hasil kerja para kelompok tani yang bersama-sama mengembangkan sayur kangkung tersebut. Kebun kangkung ini memiliki lahan yang cukup luas sekitar 1,7 Ha. Selain mampu meningkatkan perekonomian, sekaligus juga dapat menjaga gizi keluarga.  

Selain itu, ada juga program 

Pagar Mantep (Pangan Keluarga Mandiri Terpadu) yaitu pemanfaatan lahan kosong di wilayah kelurahan Sumber Rejo dengan ditanami urban farming seperti terong, dan sayur-sayuran ." Ini dilakukan untuk peningkatan ekonomi warga Sumber Rejo," kata Paing, di Jakarta pada 7 September 2022.

Ada juga tanaman hidroponik yang dilakukan sejumlah RT yang ada di Kelurahan Sumber Rejo sehingga menjadi peningkatan ekonomi bagi warga sekitar

Sedangkan dari sisi pelayanan di Kelurahan Sumber Rejo, lanjut Paing, sudah menggunakan layanan secara online." Alhamdulillah, 11 layanan yang ada di Kelurahan Sumber Rejo sudah dilaksanakan secara online. Kecuali surat pernyataan ahli waris yang harus dibubuhi tabda tangan basah yang tidak bisa diwakilkan," terangnya.

Ia menambahkan, dukungan pemerintah Kota Balikpapan terhadap program kerja du Kelurahan Sumber Rejo berupa pembinaan-pembinaan untuk peningkatan ekonomi, termasuk pemberian dana pembangunan dari pemerintah Kota untuk Kelurahan Sumber Rejo sebesar Rp 700 juta lebih untuk satu tahun anggaran," pungkasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar