Wujudkan Kota Depok Sehat, Dinkes Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Bojongsari, Depokterkini.com

Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan sosialisai 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Menurut Agus Gozali, Koordinator Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemicuan STBM 5 pilar, di mana yang kita tuju adalah pilar pertama yaitu stop buang air besar sembarangan. 

“Jadi kita sekalian mensosialisasikan Perda  Nomor 8 tahun 2018 tentang pengelolaan air limbah domestik,” ujarnya usai sosialisasi di Kantor Kelurahan Dures Seribu pada Jumat (23/09/2022).

Lebih lanjut dikatakan Gozali, hal ini merupakan salah satu untuk mewujudkan Kota Depok yang sehat.

 “Alhamdulillah kalau untuk Kelurahan Duren Seribu yang untuk “helikopternya” istilah jamban, sudah tidak ada, tapi  masih ada masyarakat yang belum memiliki septictank,” katanya.

Sebelumnya Lurah Duren Seribu, Lahmudin menuturkan, dari hasil verifikasi diwilayah kerjanya sudah tidak ada yang menggunakan “helikopter”, tetapi masih ada yang belum memiliki septictank.  

Kasi Kemas Kelurahan Duren Seribu, Ika Budiani menmbahkan, jumlah warga yang belum memiliki septictank sebanyak 129 KK, namun setelah didatangi  mereka berkomitmen akan membuatnya.

 “Tapi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki septictank  nantinya akan diajukan melalui bantuan ke dinas terkait di Pemkot Depok dan melalui perusahaan,” pungkasnya.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar