BumDes Jambur Indonesia Layani Jaringan Internet di 5 Kantor Desa

 

Foto : istimewa

Dairi, Depokterkini.com

Inovasi cemerlang dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jambur Indonesia,Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi patut diacungkan jempol.

Pasalnya BumDes Jambur Indonesia mampu menjadi penyedia Internet Service Provider (ISP) untuk beberapa desa lainnya di kecamatan setempat.

Kades Desa Jambur Indonesia, Beres Silaban menyampaikan pihaknya memilili inisiatif untuk mengembangkan usaha Bumdes dengan menjadi penyedia jasa layanan internet ke desa teyangga yang masih kesulitan dqlam mendapatkan jaringan internet.

"Daerah kita kan masih terbilang jauh dari kota dan susah mendapatkan jaringan internet. Jadi, kita menjalin kerjasama dengan pihak ketiga sebagaimenjadi penyedia internet bagi beberapa desa di sini," terangnya didampingi admin ISP, Bungaran P Hutabarat, di kantor desa Jambur Indonesia, Senin (10/10/22) 

Lebih lanjut Beres Silaban mengatakan, sejauh ini, BumDes Jambur Indonesia telah memiliki 17 pelanggan internet. Diantaranya terdapat lima kantor desa terdekat yaitu Desa Janji, Desa Simungun, Desa Lae Sering, Desa Lae Markelang, dan Desa Lae Luhung, selanjutnya SMP Pardamean, SD Lae Luhung. Sisanya adalah rumah warga dari beberapa desa.

Dikatakan, untuk pemakaian internet  instansi dikenakan biaya Rp.800.000,-/bulan, danpemakaian pribadi/rumah Rp. 150.000,-/bulan. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi, AryantoTinambunan, mengatakan, pihaknya sangat mendukung Desa Jambur Indonesia dalam pengembangan infrastruktur digital khususnya pembangunan jaringan internet dan berkolaborasi dengan desa lain di sekitarnya. 

Aryanto berharap semua desa yang ada di Kabupaten Dairi dapat mencontoh dan memanfaatkan BUMDes dalam penyediaan jaringan internet.(wan)



Posting Komentar

0 Komentar