Desa Cikahuripan Dapat Penghargaan Sebagai Lokasi Desa Cerdas

istimewa


Sukabumi, Depokterkini.com

Desa Cikahuripan mendapatkan penghargaan dari Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M sebagai Lokasi Desa Cerdas yang telah ditetapkan oleh Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementerian Desa PDTT.

Dalam SK No 55 Tahun 2022 Tentang Pentapan 1000 Desa Lokasi Desa Cerdas di Indonesia, Desa Cikahuripan mewakili Kecamatan Cisolok dan Kabupaten Sukabumi bersama 20 Desa lainnya menjadi lokasi Desa Cerdas.

Desa Cerdas adalah desa yang mampu memperluas konektivitas dengan melibatkan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dan pengembangan berbagai program yang berpusat pada warga, yang dapat mendorong masyarakat dalam memanfaatkan infrastruktur digital, serta dapat berkontribusi terhadap pengembangan berkelanjutan layanan dan pembangunan secara inklusif dan akuntable. Desa Cerdas Bertujuan agar terjadi transformasi pemanfaatan teknologi digital dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.


5 Kegiatan Utama Desa Cerdas


1. Jejaring Desa Cerdas yang berfokus pada koordinasi nasional pengembangan infrastruktur digital dan ketersediaan internet di desa yang melibatkan multi stakeholder, serta pengembangan platform Desa Cerdas yang berisi kurasi konten lintas sektor sesuai kebutuhan desa.

2. Duta Digital dan Kader Digital, Duta Digital akan mendampingi kader digital desa dalam pelaksanaan Desa Cerdas dan memfasilitasi masyarakat dalam merencanakan dan melaksanaan program Desa Cerdas yang inovatif dalam menyelesaikan permasalahan desa

3. Peningkatan Kapasitas, dalam pemanfaatan Teknologi dan mendorong terjadinya inovasi-inovasi desa yang sesuai dengan kebutuhan desa

4. Dukungan Pengembangan Ruang Komunitas Digital, Selain rancangan kurikulum pembelajaran, dukungan pengembangan Ruang Komunitas Digital berupa perangkat komputer dan penyediaan koneksi internet yang disesuaikan dengan kebutuhan desa.

5. Monitoring dan Evaluasi, dikembangkan untuk mengetahui dan mengevaluasi pelaksanaan program dari tingkat desa hingga nasional. Hasil evaluasi menjadi masukan yang berguna dalam peningkatan dan perluasan program.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar