Yusharto Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Pemalang

Jakarta, Depokterkini.com

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengapresiasi laporan persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pemalang, baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya yang sudah di laksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

"Terimakasih kepada kabupaten Pemalang yang telah melaksanakan pemilihan pilakdes serentak harapannya  pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Pemalang dapat menjadi acuan untuk pelaksanaaan pilkades serentak yang lebih baik di wilayah Jawa tengah lainnya," ujar Yusharto saat memantau secara virtual Pilkades serentak di Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Minggu (9/10/2022), melalui Video Confrence zoom meeting.  

Pilkades serentak Kabupaten Pemalang di gelar 11 desa tersebar di 10 kecamatan. 

Hadir dalam webinar tersebut Pj. Sekda Kabupaten Pemalang, Kepala DPMD Kabupaten Pemalang, Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Camat Taman, Unsur Forkopimda, dan Satgas Covid-19.

Lebih lanjut Yusharto mengatakan, Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pemalang sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 67 Tahun 2020 yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Sementara, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Pemalang sudah dinyatakan dalam Surat Bupati Pemalang Nomor 141/2984/Dinpermasdes tanggal 23 September 2022 hal Instrumen Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Pemalang Tahun 2022.

Sementara itu, Pj. Sekda Kabupaten Pemalang Dr. Drs. Moh. Sidik, M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Pemalang  masuk pada level 1 dengan kondisi parameter pengendalian covid-19 berjalan baik. Selanjutnya pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Pemalang sudah memenuhi protokol kesehatan baik dari sisi pembatasan jumlah DPT per TPS, penyemprotan disinfektan secara berkala, pengaturan jarak kursi tunggu, dan penggunaan tinta tetes.

Jumlah TPS di Kabupaten Pemalang sebanyak  160 TPS dengan DPT sebesar  62.100 orang.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Pemalang senantiasa aktif dalam mensosialisasikan pelaksanaan pilkades serentak, salah satunya melakukan silaturahmi dengan penyelenggara Pilkades, Bakal Calon dan Calon Kepala Desa, dan Pihak Terkait di Desa melalui Program Ngopi Bareng Kapolres dan Forkopimda untuk mewujudkan pilkades yang aman dan tertib di Kabupaten Pemalang.

"Semoga Pelaksanaan Pilkades serentak dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara dapat berlangsung dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan serta  penghitungan suara dilakukan di masing-masing TPS untuk selanjutnya direkapitulasi di tempat yang telah ditentukan dan dilakukan pleno", tutup Yusharto.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar