Pemdes Harus Mampu Optimalkan Potensi Desa Untuk Kesehjateraan dan Perekonomian Masyarakat

 

Istimewa

Sukabumi, Depokterkini.com

Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Marwan Hamami mengatakan setiap pemerintah desa (pemdes), harus mampu mengoptimalkan berbagai potensi yang ada di setiap desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

“Setiap desa mempunyai potensi, tinggal bagaimana pemdes mengembangkan dan mengoptimalkannya dengan melibatkan langsung masyarakat sehingga program atau kebijakan yang dikeluarkan bisa tepat sasaran sesuai kebutuhan warga,” kata Marwan di Sukabumi, Jumat (30/09/22)

Dikatakannya, optimalisasi potensi desa dengan tujuan untuk memajukan desa  merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo. Setiap desa tentu memiliki potensi sumber daya alam maupun manusia.

Untuk itu, pemdes dan masyarakat harus bisa menciptakan inovasi-inovasi baru dengan ditunjang dan didukung oleh kreativitas warganya. Potensi itu akan semakin memajukan masyarakat desa dengan kemampuan manajerial setiap kepala desa.

Selain itu, dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan dan perekonomian desa harus dilakukan bersama dan gotong royong atau tidak mengandalkan salah satu pihak saja. Salah satunya dengan mengolah hasil pertanian menjadi barang jadi, dengan cara seperti nilai ekonomi produk pertanian akan lebih tinggi dibandingkan dijual saat masih menjadi bahan baku.

“Majukan desa, maka Indonesia akan ikut maju. Panjang harapan kita dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa. Apalagi ketika SDM di desa memiliki pendidikan yang tinggi dan dapat ikut serta memajukan daerahnya,” punkas Marwan.

Sementara itu, Kepala Desa Pasirdatar Indah Syamsul Aripin mengatakan, Pemdes Pasirdatar Indah terus berupaya menggali potensi daerahnya baik dari sisi pertanian, perikanan, perkebunan maupun UMKM.

Menurutnya, berbagai kemajuan telah tampak di desanya. Hal itu terlihat dari akses jalan hingga penerangan, tentu ini sangat mendukung warga untuk meningkatkan pendapatannya.

“Kemajuan desa tersebut berkat peran serta semua pihak. Pembangunan mulai terasa dari infrastruktur dan non-infrastruktur," tutupnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar