Dirjen Bina Pemdes Pantau Pilkades Serentak di 25 Desa Kabupaten Magelang

 

Jakarta, Depokterkini.com

Sebanyak 25 Desa di 16 Kecamatan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pilkades serentak, Minggu (06/11/22).

Pilkades diikuti 72 calon kepala desa, 66 calon kepala desa laki-laki dan 6 calon kepala desa perempuan, dengan jumlah DPT sebanyak 69.173 pemilih yang tersebar di 168 TPS. 

Keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Magelang sudah dinyatakan dalam Surat Bupati Magelang Nomor 141/4246/13/2022 tanggal 21 Oktober 2022 hal Data Pilkades Tahun 2022.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan pemantauan secara virtual untuk melihat praktek langsung dari penerapan protokol kesehatan selama pilkades serentak di Kabupaten Magelang. 

Secara umum, berdasarkan laporan dari tim pemantau daerah di TPS desa sampel bahwa proses pemungutan suara sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 dimana pada TPS tersebut sudah menyediakan sarana cuci tangan, thermo gun, sarung tangan sekali pakai hingga penyemprotan disinfektan secara berkala.

Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintahan Desa, Ratna Andriani memberikan arahan agar Pemerintah Kabupaten Magelang untuk tidak lengah dan tetap waspada terhadap pandemi Covid-19 terutama di tengah kemunculan kasus subvarian Omicron XBB dengan memperkuat PPKM mikro melalui pengoptimalan posko desa, tetap mendorong penerapan 5M, mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya vaksin booster dan tetap melakukan pemantauan kondisi penyebaran Covid-19 pasca pelaksanaan pilkades serentak. 

Ratna berharap agar pelaksanaan pilkades di Kabupaten Kerinci sukses tanpa ekses dan menghasilkan para kepala desa yang mampu membawa perubahan desa ke arah yang lebih baik, membangkitkan roda perekonomian dan kesejahteraan, serta menjalankan visi dan misi yang bertujuan untuk kemakmuran masyarakat.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar