Inflasi Naik. IBH Ajak ASN Hemat Energi dan Terapkan Konsep Mubazir

 

Balaikota, Depokterkini.com

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH)  mengatakan, saat ini tingkat inflasi secara nasional sedang mengalami kenaikan. Inflasi di Indonesia berada di angka enam persen, sementara Kota Depok ada di angka 5,7 persen. 

"Kalau dua tahun yang lalu kita menghadapi Covid-19. Tahun ini kita dihadapkan dengan naiknya inflasi di seluruh dunia, negara-negara di Eropa, Turki, mengalami sesuatu yang tidak pernah terbayang selama ini, inflasi sudah diatas 10 persen bahkan Turki 80 persen," ujar IBH saat menjadi pembina apel pagi di lapangan Balai Kota Depok, Senin (07/11/22). 

Ia mengatakan, permasalahan yang terjadi pada tahun 2023 mendatang adalah diprediksi terjadi resesi ekonomi di dunia. Hal ini, imbuhnya disebabkan oleh dua hal yaitu krisis energi dan makanan. 

"Perang Rusia-Ukraina menyebabkan Eropa kesulitan untuk mendapatkan energi, baik energi rumah tangga maupun transportasi. Fenomena antrean bahan bakar di Eropa, harga tukar rupiah terhadap dollar, euro, dan poundsterling terlihat bahwa nilai euro di bawah nilai dolar, termasuk poundsterling yang biasanya Rp 20.000 sekarang sudah Rp 17.000," jelasnya. 

Untuk itu, IBH mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai menghemat energi dari sekarang, seperti mematikan lampu jika sudah tidak digunakan. Termasuk, menerapkan konsep mubazir saat mengonsumsi makanan.

"Di beberapa kota di dunia juga sudah menerapkan konsep food bank, ini bisa kita lakukan selain memberikan makanan kepada food bank, kita juga bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

"Saya juga berharap ASN mampu menjadi pionir dalam ketahanan pangan dengan menanam cabai, memelihara lele dan sebagainya," imbuhnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar