Bupati Gresik Dukung Inovasi Desa

(foto : istimewa)

Gresik, Depokterkini.com

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memberikan apresiasi dan dukungan kepada desa-desa yang berinovasi membangun kawasan ekonomi di wilayahnya masing-masing. Saat ini ada 153 desa di Gresik yang berstatus sebagai desa mandiri. Jumlah ini terbanyak kedua di Jawa Timur.

10 Desa tersebut yakni, Desa Yosowilangun, Desa Sukomulyo, Desa Giri, Desa Domas, Desa Raci Wetan, Desa Melirang, Desa Cerme Kidul, Desa Cerme Lor, Desa Balongpanggang, Desa Kedungpring.

Fandi Ahmad Yani mengatakan pihaknya tengah berupaya secara simultan melakukan pengembangan dan pemberdayaan 330 desa yang kini berkategori 153 desa mandiri, 156 desa maju dan 21 desa berkembang.

Pengembangannya harus melibatkan semua pihak dan diharapkan bisa bersinergi dengan Nawa Karsa yang jadi panduan gerak langkah Pemkab dalam membangun diri. Desa-desa Mandiri mesti semakin berdaya, 21 Desa berkembang insyaAllah 2023 bisa naik status semuanya,” kata Fandi Ahmad Yani usai Launching Icon Buyos dan Ground Breaking Sport Center Desa Yosowilangun, Senin (5/12/2022).

Ke depan perencanaan, pengembangan dan pembangunan desa seyogyanya bisa melibatkan sejumlah pihak dengan bersinergi secara solid, baik birokrasi, perguruan tinggi, media/pers serta swasta. “Langkah cerdas Desa Yosowilangun menggaet investor ini mesti bisa menginisiasi desa-desa lainnya,” katanya.

Pendekatan perencanaan dan pembangunan desa yang disebut Gus Yani itu dikenal sebagai konsep Pentahelix, pendekatan sinergi lima sektor.(wan)


-

Posting Komentar

0 Komentar