Ditjen Bina Pemdes Gelar Refleksi Akhir Tahun Temu LPM di Sulawesi Utara

Manado, Depokterkini.com

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Bina Pemdes) menyelenggarakan kegiatan bertemakan 'Refleksi Akhir Tahun Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Indonesia Dalam Rangka Menguatkan Kebersamaan untuk Pemberdayaan yang Inovatif dan Kreatif' bertempat di Luwansa Hotel Manado, Sulawesi Utara, pada Jumat (2/12/2022). 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Barang Milik Negara Syamsul Amir mewakili Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa.

Syamsul Amir menyampaikan  total jumlah desa di Indonesia 74.961 desa dimana desa menjadi ujung tombak pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan banyaknya desa ini perlu adanya kebersamaan dan sinergi dalam mempercepat penyelenggaraan pemerintahan."LPM adalah mitra setia pemerintahan desa, kalau bukan kita atau LPM siapa lagi yang dapat melakukan pendampingan dan pemberdayaan di desa," ujar Syamsul Amir.

Hal senada juga turut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Haris Sukamto, Ia mengatakan LPM adalah ruang dalam memberikan aspirasi masyarakat."LPM ini adalah ruang yang sangat luar biasa bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan juga permasalahan apa yang kita hadapi saat ini agar kita dapat mengintropeksi dan menyiapkan strategi kedepannya untuk Indonesia yang lebih maju," pungkas Hadi.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, DPD LPM Provinsi Sulawesi Utara menyajikan berbagai pertunjukan tarian dan kebudayaan yang menjadi ciri khasnya.

Ketua DPD LPM Sulawesi Utara, Gladies Mangundap mengaku pihaknya memang ingin menampilkan apa saja yang menjadi daya tarik khas dari wilayah Sulut.

"Kita harus berani menampilkan hal yang khas dari daerah ini, karena hal itu akan menjadi perkenalan kepada daerah lain dan saya berterima kasih karena kami berkesempatan untuk dapat mengenalkan budaya kami," ungkap Gladies.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPD LPM se-Indonesia dan DPC LPM se-Sulawesi Utara.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar