Sembilan Desa Rintisan Budaya di Kabupaten Bantul Dapat Bantuan Gamelan

 

(Foto ; istimewa)

Bantul, Depokterkini.com

Sebanyak sembilan desa rintisan budaya di Kabupaten Bantul mendapat bantuan gamelan pelog slendro kuningan. 

Pemberian bantuan alat musik tradisional itu dilakukan usai kesembilan desa tersebut lolos dalam proses seleksi dan penilaian oleh dinas kebudayaan. 

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto mengatakan, proses seleksi dan penilaian sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Adapun penyerahan gamelan tersebut juga telah dilakukan dinas kebudayaan di Balai Kalurahan Argodadi, Sedayu kepada tiap perwakilan desa rintisan budaya pada Minggu (18/12/22). 

Eko mengatakan, penyerahan bantuan tersebut rencananya juga akan berlanjut tahun depan. Dan saat ini, dinas akan segera menyelesaikan penilaian terhadap desa-desa rintisan budaya penerima gamelan. Sehingga kemudian penyerahan pun juga akan segera direalisasikan. 

Eko juga berharap, dengan adanya penyerahan bantuan alat musik tradisional itu, para pelaku desa rintisan budaya bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meminta, agar gamelan yang sudah diberikan oleh pemkab bisa digunakan untuk memperkuat identitas bangsa dan melestarikan budaya. Menurutnya, masyarakat Bantul sudah sepatutnya berbangga karena memiliki budaya di tengah gempuran ideologi-ideologi maupun budaya baru yang masuk ke Indonesia. 

Abdul Halim juga menyampaikan pelestarian budaya merupakan salah satu misi Kabupaten Bantul. Yakni pengembangan sumber daya manusia unggul, berkarakter, dan berbudaya istimewa. Karena itu, pemkab berupaya untuk membangun budaya di Bantul agar tetap memiliki karakteristik kuat. Tidak hanya lewat adat tradisi, tapi juga membangun sikap perilaku yang apik untuk dijadikan budaya sehari-hari. (wan)


Posting Komentar

0 Komentar