Idris : Pilihlah Olahraga Sesuai Usia

Bojongsari, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris membuka acara Qutubul Amin Archery Tournament 2023 di Lapangan Surau Qutlubul Amin Arco Raya, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Jumat (24/02/2023).

Pada kesempatan itu, Wali Kota  Depok yang kerap disapa Kyai Idris mengimbau semua pihak yang hadir dalam acara untuk cermat memilih olahraga sesuai usia.

“Pilihlah olahraga yang menyehatkan, menyegarkan, dan membugarkan jasmani kita, olahraga itu harus membuat fisik, dan mental kita menjadi kuat, sehat serta bugar, disesuaikan dengan usia,” kata Kyai Idris di sela-sela turnamen, Jumat (24/02/23).

Lebih lanjut, Kyai Idris menuturkan, ada tiga olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu berenang, memanah, dan berkuda.

“Mohon maaf dalam agama Islam, salah satu olahraga memanah ini yang dianjurkan oleh nabi,” ujarnya.

Dia menceritakan, di usia yang 61 tahun, Kyai Idris masih menerima tantangan bertanding basket dengan para anak muda Depok, lantaran hobinya bermain basket.

Rupanya saat bertanding basket tersebut, ia mendapatkan musibah cendera ligamen lutut.

“Ligamen saya sobek kemarin habis lebaran, saran nasehat dokter cuma satu, bapak tetap harus berolahraga, olahraga yang paling cocok bagi bapak sekarang adalah berenang,” kata Kyai Idris.

“Ini menggambarkan betapa yang namanya olahraga penting dan bagus, karena memang persiapan dalam kehidupan kita,” tuturnya.

“Apalagi yang mengemban amanah negara, bangsa dan mengemban amanah dakwah, ini memang harus kita persiapkan fisik, kalau tidak kita kolaps, termasuk kesiapan mental baru dicibir di media udah kolaps, udah panik, jangan jadi panikan kalau jadi pejabat, biasa,” jelas Kyai Idris.

Ia pun melanjutkan, ternyata Nabi Muhammad SAW dalam anjurannya sudah melihat jauh ke depan, tiga olahraga, yaitu berenang, memanah dan berkuda, memberikan kesehatan, kebugaran, kekuatan jasmani yang komprehensif.

Yakni dapat memberi pembinaan dan pembentukan pribadi yang prima yang terintegrasi dalam seluruh kebutuhan-kebutuhan manusia.

“Contohnya memanah, yang saya tahu, kita harus mempunyai daya mental yang kuat, harus percaya diri, kita diajarkan untuk konsentrasi, fokus mental, tentunya kekuatan fisik karena ada stretching (peregangan otot) dan segala macamnya itu biasa,” terangnya.

Untuk itu, Kyai Idris atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan ribuan terima kasih karena saat ini sudah banyak tempat berlatih memanah.

“Khususnya ada D5 di Parung Bingung, di Tapos, nah di sini (Qutubul Amin),” ucapnya.

“Alhamdulillah kalau benar-benar teman-teman di Qutubul Amin menyiapkan tempat untuk anak-anak muda kita berlatih memanah seperti ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan terus mendukung dan memfasilitasi olahraga-olahraga seperti ini,” tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar