Idris Optimis Kota Depok Raih Kembali Penghargaan Swasti Saba Wistara

 

Balaikota,Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, optimistis raih kembali Penghargaan Kota Sehat Predikat Swasti Saba Wistara di tahun 2023.

Optimistis tersebut diungkapkan Kyai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, usai menerima Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat di Balai Kota Depok, Selasa (28/03/2023).

“Kami optimis insyaAllah (raih kembali Swasti Saba Wistara), Kota Depok harus mengembalikan kembali raihan Wistara di tahun 2019,” kata Kyai Idris.

Ada sembilan tatanan yang harus dipenuhi untuk meraih kembali Swastisaba Wistara, utamanya tatanan yang tergolong ketat ada di lingkungan hidup, termasuk persoalan limbah dan memasifkan septic tank untuk mengakselerasi Open Defecation Free (ODF) 100 persen.

“Harapan kita bisa memenuhi persyaratan dan indikator Wistara, sehingga benar-benar menjadi motivasi agar ke depannya menjadi kota yang memperhatikan kesehatan warganyanya,” jelas Kyai Idris.

Lebih lanjut, ujar dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, hari ini menerima Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat yang akan melakukan penilaian tatanan kota sehat.

“Tahapan pertama sampai 14 April 2023, dievaluasi setelah itu diajukan ke nasional,” ujarnya.

“Jadi hari ini verifikator kota sehat yang sebenarnya untuk nasional, hanya diamanahkan verifikasinya ke Jawa Barat, nanti Jawa Barat baru merekomendasikan 18 kota/kabupaten mana yang bisa masuk ke nasional untuk mendapatkan Wisatara, baru nanti ada evaluasi dari nasional,” jelas Kyai Idris.

Sebelum menjalani verifikasi dari Jawa Barat, Kota Depok sudah melakukan self assessment penilaian kota sehat, di mana indikator kelembagaan telah tercapai 96,11 persen.

“Alhamdulillah, nilainya 96 dari batas minimal untuk Wistara 91 persen, jadi kita punya rentang nilai cukup tinggi sekitar 5,sekian persen, karena sebelumnya nilai kita (Kota Depok) 91, sekian,” jelasnya.

“Dan ternyata seperti Car Free Day, kita (Depok) sempat punya, hanya karena Covid-19 terhenti, namun asal ada dokumen pendukung maka dilampirkan untuk menaikkan skor kita,” pungkasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar