Idris Targetkan Pemberian Imunisasi Polio Balita Bisa Tercapai 95 Persen. Dibutuhkan Keseriusan

 

Balaikota, Depokterkini.com

Sebanyak 210.974 balita usia 0 - 59 bulan di Kota Depok ditargetkan mendapatkan imunisasi polio. Pemberian imunisasi tersebut dilakukan dalam dua putaran yaitu April dan Mei 2023 dalam Sub-Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, target yang diharapkan dari program imunisasi polio ini tercapai hingga 95 persen. Oleh karena itu, dibutuhkan keseriusan Kota Depok untuk mencapai target tersebut.

Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, menyampaikan sejumlah instruksi agar pelaksanaan Sub PIN Polio sukses mencapai sasaran.

Instruksi pertama, kepada kader kesehatan untuk melaksanakan pendataan sasaran anak usia 0 – 59 bulan didampingi oleh petugas Puskesmas, yang dimulai dari kelahiran bayi pada bulan Mei 2016 sampai sekarang.

"Instruksi kedua, melaksanakan sosialisasi kepada seluruh masyarakat terkait pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Depok," katanya, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Sub PIN Polio di Aula Teratai Lantai 1 Balai Kota Depok, Kamis (30/03/23).

Instruksi ketiga, menyiapkan sarana prasarana dan penunjang lainnya di Posyandu atau Pos imunisasi lainnya , untuk pelaksanaan kegiatan Sub PIN Polio dengan melibatkan Kader Posyandu dan TP-PKK Kecamatan, serta PKK Kelurahan sebagai penanggung jawab.

"Keempat, menggerakkan seluruh stakeholder di masing-masing wilayah sesuai fungsi dan perannya untuk berpartisipasi pada kegiatan Sub PIN Polio," terangnya.

Pada pelaksanaan, yang harus diperhatikan antara lain, melakukan pencanangan dimulai tanggal 3 April 2023 serentak se-Kota Depok. Lalu, melaksanakan pelayanan di Posyandu, PAUD/TK/RA sebagai Pos Sub PIN Polio, atau tempat lainnya bersama Puskesmas dan Kader Posyandu dibantu oleh Organisasi Profesi Kesehatan, Faskes jejaring dan Sekolah Kesehatan di Kota Depok.

"Maksimalkan mobilisasi masyarakat untuk pelaksanaan Sub PIN Polio dan seluruh sasaran agar masyarakat dapat hadir pada saat pelaksanaan Sub PIN ini," tuturnya.

Selain itu juga, pihak kecamatan/kelurahan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pendampingan saat pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Depok.

"Sub PIN Polio dilaksanakan dalam dua putaran, yang dimulai pada 3 April hingga 9 April 2023. Untuk putaran kedua dimulai tanggal 15 Mei hingga 21 Mei 2023,"'tuturnya.

"Sub PIN Polio ini dilaksanakan dengan memberikan imunisasi novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) kepada seluruh sasaran usia 0-59 bulan, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya," terangnya.

Dikatakan Kiai Idris, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk mengevaluasi pelaksanaan Sub PIN Polio. Pertama, melakukan evaluasi capaian per wilayah yang dimonitoring langsung oleh Camat maupun Lurah setiap hari.

"Kedua, bersama Puskemas melakukan sweeping bagi anak balita yang belum mendapatkan imunisasi Polio tambahan ini," pungkasnya. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar