KBRI Paris Selenggarakan Salat Idul Fitri dan Silaturahmi

Paris, Depokterkini.com

Lebih dari 700 masyarakat dan diaspora Indonesia di Prancis mendaftarkan diri untuk mengikuti rangkaian perayaan Idulfitri di KBRI Paris. Sesuai hasil sidang Isbat di Masjid Agung Paris (Grande Mosquée de Paris), 1 Syawal 1444H di Prancis ditetapkan pada Jumat, 21 April 2023. 

Untuk merayakan hari kemenangan beserta seluruh keluarga besar masyarakat dan diaspora Indonesia di Prancis, KBRI Paris menyelenggarakan Salat Idulfitri 1444H dan Silaturahmi Lebaran 2023 di dalam Gedung KBRI Paris.

Sedikitnya 400 orang telah menghadiri acara Salat Idulfitri yang diselenggarakan di Balai Budaya dan Aula Garuda KBRI Paris. Masyarakat dan diaspora Indonesia dari berbagai kota di Prancis juga hadir pada acara Silaturahmi Lebaran 2023. 

Tidak hanya dari Paris, masyarakat datang dari selatan (Toulouse, Bordeaux), timur (Lyon, Grenoble, Dijon) dan utara Prancis (Lille, Le Havre, Rennes), bahkan ada beberapa turis dari Jakarta yang ikut bergabung pada Salat Idulfitri 1444H dan Silaturahmi Lebaran 2023 di KBRI Paris.

Antusiasme masyarakat Indonesia mengobati kerinduan akan hidangan lebaran seperti di tanah air.

Ustadz Moh. Abdul Kholiq Hasan menjadi imam pada Salat Idulfitri 1444H yang disiarkan secara langsung melalui akun Youtube resmi KBRI Paris (Indonesia in Paris). 

Ustadz Kholiq mengajak seluruh masyarakat dan diaspora Indonesia untuk perbanyak takbir dan tahmid untuk mengagungkan Allah SWT pada Hari Raya Idulfitri.

Komposisi masyarakat dan diaspora Indonesia yang hadir umumnya terdiri dari mahasiswa dari seluruh penjuru Prancis, dan juga masyarakat yang sudah lama menetap di Prancis dan telah membentuk keluarga campuran dengan warga negara Prancis. Meskipun sudah lama tinggal di Prancis, masyarakat Indonesia tetap mempertahankan tradisi Lebaran ala Indonesia bahkan mengajak pasangannya untuk lebih dekat dengan berbagai tradisi dan kebiasaan perayaan Ramadan dan Idulfitri seperti di Tanah Air. (wan)


Posting Komentar

0 Komentar