Ini Pesan Walikota Buat Ratusan Jemaah Calon Haji Asal Depok

Balaikota, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris berpesan kepada 366 jemaah calon haji (calhaj) gelombang pertama asal Depok yang berangkat ke Asrama Haji Embarkasi Bekasi untuk bertolak ke Tanah Suci besok, pads Minggu 28 Mei 2023.

“Sukses dan lancarnya kita di sana (Mekkah) kata kuncinya cuma satu, sabar, jadi pesan saya cuma tiga, sabar, sabar, sabar,” kata Kiai Idris, sapaannya, di hadapan ratusan jemaah calhaj kloter 10 di Balai Kota Depok, Sabtu (27/05/23).

Dikatakannya, sabar yang pertama adalah sabar dalam ketaatan kepada Allah SWT, dan Rasul-Nya, tentunya jemaah calhaj ke Tanah Suci dengan niat ibadah, taat kepada Allah SWT.

“Dan taat kepada arahan-arahan Baginda Rasulullah, itu sabar dalam ketaatan. Belanja di sana juga diniatkan dalam rangka ketaatan, niatkan begitu, diniatkan belanja menggembirakan anak dan cucu,” ucap Kiai Idris.

Kedua, lanjut Kiai Idris, sabar menghindarkan diri dari perbuatan maksiat, baik dari hati, lisan dan tindakan.

“Maksiat hati jangan sampai ada sedikit rasa sombong, jangan sampai ada sedikit di kita rasa benci kepada orang, itu maksiat hati, kita hindarkan itu, niatkan benar-benar untuk kebersihan hati kita,” jelas Kiai Idris.

“Maksiat lisan, jangan sampai lisan kita terlepas, kalau orang Depok bilang jangan sampai nyablak, jangan sembarang keluar lisan kita, jadi lisan kita benar-benar dijaga,” lanjutnya. 

Kemudian, lanjut Kiai Idris, maksiat tindakan, khususnya kepada jemaah laki-laki harus bisa menjaga pandangannya di Tanah Suci.

“Bapak-bapak khususnya, barangkali di sana banyak perempuan Arab cantik-cantik, kalau terlihat ucapkan Subhanallah, tapi jangan hanya Subhanallah, tapi langsung istighfar,” ungkapnya.

Terakhir adalah sabar ketika mendapat gangguan, sebab, banyak ujian yang bisa memancing amarah dalam diri.

“Kita di rumah biasa on time, tapi di sana kita rombongan, rombongan kan jalannya enggak dewek-dewek (tidak sendiri), tapi mikirin jemaah lain,” jelasnya.

Kiai Idris berharap pesan kesabaran darinya ini bisa dipegang oleh jemaah calhaj hingga kepulangannya dari Tanah Suci Mekkah, khususnya ke Kota Depok.

“Semoga pesan saya, sabar, sabar, sabar ini bisa dipegang sampai kita berjumpa lagi, insyaAllah di Kota Depok, bersama keluarga dalam keadaan bahagia sehat walafiat,” tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar