Idris Optimis Depok Dinobatkan Jadi Kota Kreatif Dunia

 

Balaikota, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku optimis Kota Depok bisa dinobatkan menjadi Kota Kreatif dalam bidang media arts atau seni media oleh UNESCO."Sebab hidup harus optimis, kalau kita tidak optimis jangan coba-coba hidup," katanya usai bertemu Tim Sekretariat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf/Baparekraf) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2023, yang tengah melakukan finalisasi formulir aplikasi UCCN 2023 di Balaikota Depok, Rabu (14/6/23).

Dukatakan Idris, kunjungan Tim Sekretariat Kemenparekraf/Baparekraf dan Panselnas UCCN 2023 ke Kota Depok ini dalam rangka observasi dan validasi lapangan, setelah Kota Depok mewakili Indonesia di ajang Kota Kreatif UNESCO dalam bidang media arts atau seni media.

"Panselnas untuk UCCN mengunjungi Kota Depok dalam rangka melihat semacam verifikasi titik yang menjadi lokasi di pengisian formulir aplikasi (dossier) sesuai arahan dari UNESCO, untuk bisa diajukan ke sana," tutur  Idris.

Dikatakannya, Tim Sekretariat Kemenparekraf/Baparekraf dan Panselnas UCCN 2023 selama tiga hari, 12-14 Juni, terjun langsung memberikan pendampingan kepada Kota Depok sebagai nominasi UCCN 2023.

"Hari ini juga pasti banyak catatan-catatan dari Panselnas, dan Tim Kota Depok melengkapi dan menyempurnakan laporan dan pengisian formulir aplikasi (dossier) itu ke UNESCO sesuai dengan limit waktu yang sudah ditentukan, yakni 30 Juni 2023," tuturnya.

"Sesuai dengan tujuan dan kemanfaatan UCCN 2023 adalah bagaimana kita memberitahu, melakukan declare, bahwa Kota Depok ini memang layak untuk dilirik oleh para wisatawan dan investor, yang ujungnya bagaimana kita bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat ini dengan mengundang investor," ungkap Kiai Idris

"Karena nanti di antara kemanfaatannya tersebut, adalah citra Kota Depok menjadi bagus dimata internasional," ucapnya.

Oleh sebab itu, melalui UCCN, lanjut Kiai Idris, Kota Depok bisa diperkenalkan ke kancah dunia, kepada negara-negara lain yang sudah terlebih dulu sebagai kota kreatif.

"Kita bisa bertukar pengalaman, pengetahuan, bahkan bisa berkolaborasi dalam beberapa agenda, khususnya masalah culture," ungkapnya.

Dia menambahkan, pendidikan dan culture nantinya bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Depok.

Di tempat yang sama, Global Networks Global Networks of Facilitator For ICHUNESCO in The Asia Pacific Region/Ketua Tim Panselnas, Harry Waluyo, mengakui, setelah melewati serangkaian tahapan, Kota Depok memiliki potensi yang besar untuk menjadi kota kreatif dunia. Khususnya pada bidang seni media.

"Tinggal bagaimana kita memasukkan itu semua ke dalam berkas, sehingga UNESCO melihat ini memang layak untuk dijadikan kota kreatif di bidang seni media," ungkapnya. (wan)





Posting Komentar

0 Komentar