Sekda Buka Sosialisasi Pajak Daerah Untuk Mahasiswa

Tapos, Depokterkini.com

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri membuka kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah "Milenial Melek Pajak" di Kinasih Resort Kecamatan Tapos, Kamis (15/06/23).

Sosialisasi dengan peserta para mahasiswa tersebut diprakarsai oleh Badan Keuangan Daerah (BkD) Kota Depok bekerjasama dengan Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Depok I (Samsat Depok).

" Kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya Pemkot Depok melalui BKD supaya para mahasiswa mengenal pajak," ujar Supian Suri.

Ia berharap melalui kegiatan ini,  para mahasiswa dapat mengenal dengan baik manfaat dan fungsi pajak. Dengan begitu, ke depan mereka bisa menjadi wajib pajak yang taat.

"Sehingga mereka memahami dari awal tentang manfaat pajak itu untuk pembiayaan pemerintah, dalam hal ini pemerintah kota atau kabupaten," ungkapnya. 

Dikatakannya, Kota Depok tidak memiliki sumber daya alam, sehingga salah satu potensi untuk pembiayaan kota adalah dari pajak daerah. Dengan dapat dimaksimalkannya, maka semakin banyak pendapatan yang diterima. 

"Serta makin banyak belanja yang bisa kita lakukan untuk masyarakat Kota Depok," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pajak Daerah I, BKD Kota Depok, Yuli Puspita Anggraini mengatakan, pada sosialisasi ini mahasiswa akan dijelaskan terkait dasar-dasar pajak. Agar mereka memahami pajak daerah, provinsi dan pusat. 

"Juga dijelaskan ada Undang Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD), dimana Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang tadinya milik provinsi menjadi pajak daerah, nanti akan berlaku mulai tahun 2025," ungkapnya. 

"Harapannya saya ingin milenial ini makin melek pajak, jadi biar tahu pajaknya untuk apa. Kita juga ingin mengimbau agar milenial ini bangga berkontribusi kepada negara, jadi walaupun saya mahasiswa tapi saya ikut loh untuk pembangunan negara," pungkasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar