30 Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Penentuan HPP dari Tim Pengmas PNJ

Bogor, Depokterkini.com

Sebanyak 30 pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum UMKM Kabupaten Bogor mendapat pelatihan penentuan Harga Pokok Produksi atau Jasa yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat program studi D3 Akuntasi Jurisan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Selasa (12/07/23).

Kegiatan pelatihan digelar di lantai 3 Gedung Bappeda Litbang, Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Ketua program studi D3 Akuntansi Jurusan Akuntansi PNJ, Herbirowo Nugroho, tujuan kegiatan pengabdian ini semata-mata ingin memberikan wawasan atau pengetahuan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor tentang cara penentuan harga pokok produksi atau jasa secara optimal, sehingga diharapkan  nantinya HPP barang bisa ditentukan dengan baik dan optimal maka harga jualnya juga akan optimal.

"Terkadang para pelaku usaha tidak memikirkan biaya biaya yang seharusnya dibebankan sebagai biaya produksi. Padahal dalam waktu jangka panjang biaya tersebut sangat diperlukan." Ungkap pria yang akrab disapa Bowo disela kegiatan pengabdian masyarakat.

Bowo berharap setelah nengikuti kegiatan ini, profit para pelaku UMKM semakin meningkat dan usahanya makin berkembang.

Muhammad Yusuf salah satu peserta UMKM mengaku senang mendapat pelatihan cara menentukan harga pokok produksi.

" Selama ini kita tidak bisa menetapkan harga pokok produksi. Kita semaunya saja. Mudahan-mudahan setelah ikut pelatihan ini usaha kita bisa bangkit dan lebih maju lagi," kata Yusuf yang memproduksi ranggining sendiri di Kawasan Ciawi.

Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Tholib, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat PNJ dan ini merupakan kerjasama  kali kedua antara PNJ dan UMKM di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, keberadaan UMKM di Kabupaten masih harus dibantu dan mendapat perhatian."Alhamdulillah PNJ sudah dua kali melakukan pengabdian kepada UMKM di Kabupaten Bogor. Kita akan dukung terus untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan PNJ. Saya ingin para UMKM yang hadir di kegiatan ini bisa maju bersama," ujar Hasan.

"Terima kasih kepada dosen dan mahasiswa PNJ yang telah membantu dan memberikan manfaat buat UMKM. Tolong mereka dibimbing agar benar benar paham." Imbuhnya.

Ketua Prodi D3 Akuntasi PNJ Herbirowo Nugroho menyerahkan bantuan satu unit rak besi kepada Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor


Kegiatan pelatihan dibuka oleh Sekertaris Jurusan Akuntansi PNJ,  Ridwan Zulfi dengan menghadirkan nara sumber Muhammad Febrianto yang juga berkecimpung di bidang UMKM. Kegiatan juga dihadiri para dosen dan dibantu sejumlah mahasiswa jurusan Akuntansi PNJ.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan satu unit rak besi 4 susun kepada Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor.." Bantuan rak beai ini merupakan permintaan dari UMKM dan kita penuhi peemintaan itu. Mereka butuh rak besi untuk display pameran," tutup Bowo.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar