Dosen PNJ Berikan Pelatihan Kepemilikan NIB dan NPWP Kepada UMKM di Bogor

Bogor, Depokterkini.com

Para dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) program studi D3 Keuangan dan Perbankan Jurusan Akuntansi melakukan pengabdian masyarakat kepada para UMKM di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/07/23).

Pengabdian masyarakat dalam upaya kepemilikan NIB dan NPWP kepada pelaku UKMM tersebut digelar diruang Cisadane lantai 3 Gedung Bappeda Litbang Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan dibuka oleh Sekertaris Jurusan Akuntansi PNJ,  Ridwan Zulfi dihadiri Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib, Sekertaris Forum UMKM Kabupaten Bogor, Nanang Suwondo,  para dosen PNJ dan puluhan pelaku UMKM dari 4 Kecamatan di Kabupaten Bogor 

Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat PNJ dan ini merupakan kerjasama  kali kedua antara PNJ dan UMKM di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, keberadaan UMKM di Kabupaten Bogor masih harus dibantu dan mendapat perhatian."Alhamdulillah PNJ sudah dua kali melakukan pengabdian kepada UMKM di Kabupaten Bogor. Kali ini PNJ memberikan pelatihan terkait legalitas seperti NIB dan NPWP. Kita akan dukung terus untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan PNJ. Saya ingin para UMKM yang hadir di kegiatan ini bisa maju bersama," ujar Hasan bersemangat.

Lebih lanjut Hasan mengatakan legalitas itu merupakan modal kunci bagi UMKM yaitu modal dari kesuksesan kita."Terima kasih kepada dosen PNJ yang telah membantu dan memberikan manfaat buat UMKM. Tolong mereka dibimbing agar benar benar paham." Pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Jurusan Akutansi, Ridwan Zulfi mengatakan dalam Tri Darma Pendidikan, selain pengajaran ada pengabdian dan penelitian."Alhamdulillah hari ini terlaksana pengabdian masyarakat kerjasama dengan Forum UKMK Kabupaten Bogor. Terima kasih bu Elly dan Ketua pengabdian masyarakat D3 Perbankan, Rodiana, dan srtuktural jurusan akuntansi serta para dosen PNJ," ujar Ridwan.

Menurut Ridwan,  pemberian pelatihan ini sudah melalui penelitian terkait apa kebutuhan para  UMKM di Kabupaten Bogor. Saya berharap para peserta bisa sharing apa yang dibutuhkan sehingga diharapkan bisa terpenuhi." harapnya.

Ketua Pengabdian masyarakat prodi D3 Keuangan Perbankan PNJ, Rodiana menyerahkan bantuan rak displaya kepada Ketua forum UMKM Kabupaten Bogor.


Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat prodi D3 Keuangan dan Perbankan PNJ, Rodiana Listiawati menambahkan pelatihan legalitas NIB dan NPWP diikuti  30 pelaku UMKM. Tujuan kegiatan ini agar para pelaku UMKM memiliki legalitas diantaranya NIB dan NPWP sebagai salah satu syarat untuk pengajuan kredit perbankan.

"Mereka sebagian besar tidak memiliki NIB dan NPWP. Karena itu kita berikan pelatihan agar mereka memiliki legalitas dan bisa naik kelas," terang Rodiana.

Dalam kesempatan tersebut Rodiana juga menyerahkan bantuan berupa satu unit rak almunim 4 susun kepada UMKM Kabupaten Bogor."Rak itu kami berikan sesuai permintaan forum UMKM untuk digunakan sebagai tempat display barang," tandas Rodiana.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar