PKM PM PNJ Angkat Masalah Kemiskinan dan Penumpukan Cangkang Kerang Hijau


Jakarta, Depokterkini.com

Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (PKM PM PNJ) tahun 2023 mendapat perhatian dan pendanaan dari Belmawa Kemendikbud Dikti.

Salah satunya adalah Pogram  PKM PM PNJ bertemakan "Kerang Daya" yang dilakukan para mahasiswa PNJ jurusan Akuntansi  dan Administrasi Niaga yang tergabung dalam UKM Mappress. Kegiatan yang mengangkat  permasalahan pada pemberantasan kemiskinan dan penumpukan limbah cangkang kerang hijau di Kampung Nelayan  kecamatan Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara, DKI Jakarta itu berlangsung sejak Mei sampai September 2023.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan sustainable workshop education berbasis islami dalam upaya peningkatan soft skill dan hard skill murid-murid Rumah Qur`an Asy-Syifa.

Program kreativitas mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini adalah Kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Kemudian, pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Pengabdian masyarakat juga merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu : pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

PKM PM PNJ ini mendapat support dan dukungan penuh dari  Wakil direktur Bidang III kemahasiswaan, yang di pimpin oleh Iwa sudrajat ST MT. 

Sedangkan sebagai pembimbing dari PKM PM adalah Dr. Nining Latianingsih SH MH  dosen Jurusan Administrasi Niaga PNJ dan ketua sentra HKI PNJ.

Nining Latianingsih berharap mahasiswa dapat mengoptimalkan pelaksanakan kegiatan PKM PM, terutama dalam mengoptimalkan pembuatan produk daging kerang menjadi kerupuk dalam  kegiatan market day.

 "Mahasiswa akan memberikan pembekalan pengolahan produk daging kerang, pengemasan, pemasaran, dan penjualan secara offline di pelabuhan kali adem (kampung nelayan)  dengan target pasar para wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Seribu," ujar Nining.

Nining juga berharap kegiatan ini dapat membantu perkembangan pariwisata didaerah pesisir Jakarta. 

"Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat kampung nelayan  muara angke penjaringan Jakarta utara," tutup Nining.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar