Sekda Hadiri Launchimg Gerakan Jaga Ginjal Indonesia

Pancoran Mas, Depokterkini.com

Sekertaris Daerah (sekda) Kota Depok, Supian  Suri menghadiri Launching Gerakan Jaga Ginjalmu Indonesia yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK)di SDN Depok Baru 1 dan 3 Jalan Semangka 7, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jumat (8/9/23)

Dalam kesempatan itu Supian Suri  megucapkan terima kasih kepada Menko PMK yang telah menginisiasi dan kolaborasi kerja kerja dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan , khususnya upaya preventif terhadap penyakit gimjal ," Satu hal yang memprhatinkan  bahwa kasus penyakit ginjal tidak hanya menimpa orang dewasa tapi anak anakpun sudah terkena penyakit ini ," kata Supian Suri yang menyebut dirimya ganteng dalam pantunnya.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah hadir melalui gerakan Jaga ginjalmu yang melibatkan berbagai instansi ."kita hadir dan kerja kerja ini bukan hanya satu instansi, tetapi ini kerja bareng termasuk peran orang tua yang  bertanggung jawab terhadap anak anaknya," tutur Bang SS sapaan akrabnya.

Asisten Deputi Penimgkatan Pelayanan Kesehatan Kemenko PMK, dr. Nia Arifiani mengatakan, Kota Depok dijadikan pilot project dilauchingmya gerakam jaga gomjalmi Indonesia karena adanya laporan dari salah satu faskes terkait meningkatnya  angka kasus ginjal."Kebetulan dilingkungan ini terdapat beberapa pasien gagal ginjal pada anak,: jelas Nia di SDN Depok Baru 1.

Dikatakan, gerakan jaha ginjalmu Indonesia ini akan menyisir selurih provinsi di Indonesia."Sampai bulan Oktober tahun ini kita akan menyisir beberapa SD Negeri di wilayah Jabodetabek. Tidak menutip kemungkinan kita juga akan menyisir SD swasta. Kita ingin mengedukasi anak anak bangsa untik awar dengan kesehatannya. Slah satu penyebab gagal ginjal adalah kurangnya mengkonsumsi air putih dan makan makanan yang tidak bergizi," tuturnya.

Selain iti, lanjutnya, dalam program ini juga mendatangkan monil laboratorium untuk melakukan uji samplimg beberapa jajanan di sekolah.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar