Indeks Kebahagiaan Kecamatan Beji Paling Tinggi Se-Kota Depok

 

Beji, Depokterkini.com

Walikota Depok Mohammad Idris memberikan apresiasi kepada Kecamatan Beji  lantaran indeks Kebahagiaan Kecamatan Beji tahun 2023 paling tinggi se Kota Depok, yakni mencapai 87, 29."Berdasarkan data BPS 

indeks kebahagian di kecamatan Beji tertinggi di Kota Depok mencapai 87,29 poin, Indeks kebahagian ini penting untuk perencanaan yang prioritas " kata Mohammad  Idris saat membuka kegiatan Musrenbang di Kantor Kecamatan Beji, Selasa (30/01/24).

Dikarakan Idris, dari data BPS tersebut ternyata kaum laki laki lebih bahagia dari kaum perempuan.

Dari itu, ia merasa tidak pusing lagi karena warga Beji sudah bahagia, terutama yang laki-laki yakni sebesar 87,95 sedangkan perempuan 86,83.

“Dimensi kebahagiaan itu ada tiga, pertama kepuasan hidup, kedua perasaan, tidak cemas tidak tertekan dan dimensi ketiga makna hidup, kemandirian dan pembinaan diri bagus,” paparnya.

Selain itu, lanjut Idris,  indek Pembangunan Manusia (IPM) Kecamatan Beji juga mengalami peningkatan  mencapai 82,53 ."IPM Kecamatan Beji naik 0,51 dari tahun sebelumnya dan nilai ini lebih tinggi dari IPM tingkat kota," tuturnya

Sementara, Idris menambahkan angka kesejahteraan gini ratio, sebesar 36,123. Artinya, ketimpangan di Beji sedang.

“Ini cukup baik, karena ada beberapa kota yang sangat timpang. Untuk itu, kami Pemerintah Kota Depok, menyampaikan terima kasih kepada semua warga Beji, atas raihan ini,” katanya.

“Penilaian ini bersifat objektif dengan beberapa kategori seperti keguyuban, ketahanan keluarga dan psikologi warga,” tandasnya.

Dirinya menyebut, fasilitas kesehatan dan gedung pelayanan yang sudah baik, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi Indeks Kebahagiaan masyarakat Beji.

Namun, yang tidak kalah penting adalah kapasitas Sumber Daya Manusia yang memadai.

“Yang terpenting adalah SDM. Sebagus apapun fasilitas jika tidak diimbangi dengan SDM yang mumpuni, maka tidak akan maksimal. Ini menjadi suatu kebanggaan untuk kita semua, karena masyarakat Beji rata-rata sejahtera,” pungkasnya.(wan).


Posting Komentar

0 Komentar