SDN Sawangan 02 Manfaatkan Ruang Kelas Kosong Untuk Musala dan Perpustakaan

 

Sawangan, Depokterkini.com

Keberadaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Sawangan, Kota Depok masing masing memiliki program unggulan sehingga keberadan sekolah memiliki kelebihan.

Sebut saja SDN Sawangan 02 yang saat ini memiliki perubahan setelah mutasi, rotasi dan promosi kepala sekolah dilakukan Wali Kota Depok, Mohammad Idris  pada akhir 2023 silam.

Sekolah tersebut  kini memiliki program  menanamkan kebersihan lingkungan, kemudian  ruang kelas kosong dimanfaatkan untuk perpustakaan dan musala.

“Tiap Jumat  guru dan siswa  melakukan aksi bersih operasi semut, agar keberadaan sekolah menjadi nyaman,” kata Andi Wijaya, Kepala SDN Sawangan 02 ditemui Rabu (31/1/2024).

Tidak hanya itu, ruang kelas kosong kini dimanfaatkan menjadi musala dan perpustakan. 

“Ini merupakan program sekolah karena SDN Sawangan 02 memiliki 10 ruang kelas sedangkan   rombongan belajar (rombel) hanya 7, sehingga ruang kosong  dijadikan musala dan perpustakaan selebihnya untuk ruang guru dan UKS,”  ujarnya.

Program ini, dikatakan lebih lanjut, didukung orang tua siswa setelah musala difungsikan mereka mendonasikan kipas angin dan sajadah tanpa mengikat. 

“Keberadan musala ini digunakan guru dan para siswa saat salat dzuhur berjamaah, jadwal salat disesuaikan tiap kelasnya kecuali salat dhuha dilakukan setiap Jumat pagi  di halaman sekolah untuk menciptakan siswa religi,” paparnya 

Tidak hanya itu, sambung dia, adanya perpustakaan mendorong para orang tua siswa ikut menyumbang buku.

“Setiap buku yang disumbangkan dicatat dan distempel oleh pihak sekolah.Jika siswa pinjam buku bacaan  juga dengan  mudah  diperoleh dan mengembalikannya ke petugas perpustakaan sesuai waktunya. Perpustakaan ini tujuannya agar siswa gemar literasi sehinggga menambah wawasan,” ucapnya.

Dalam kegiatan ekstra kurikuler juga mulai diterapkan kegiatan cabang olahraga karate. 

“Ini memotivasi siswa menjadi atlet karate,” ujarnya seraya menambahkan untuk ekstrakurikuler pramuka diikuti semua siswa dengan jadwal Rabu untuk siswa kelas tinggi 4,5 dan 6, sedangkan Sabtu siswa kelas rendah. 

Para guru pramuka, sambung dia, didatangkan dari Cinangka, Kota Depok Ciputat, Tangerang Selatan.

Kegiatan pramuka diantaranya baris barbaris, permainan game, tali temali dan lain sebagainya. Tujuannya agar siswa  berkarakter dan memiliki tanggungjawab.

Sebelumnya Andi Wijaya guru kelas 6 SDN Sawangan 01, dipromosikan menjadi Kepala SDN Sejak 22 Nopember 2023 pemberian SK, kemudian aktif sebagai Kepala SDN pada 1 Desmber 2023. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar