Khotib Salat Idulfitri, Walikota Tekankan 5 Hal yang Harus Dipelihara dan Dirawat Setelah Ramadhan

Balaikota, Depokterkini.com

Walikota Depok, Mohammad Idris menjadi imam sekaligus khotib pelaksanaan salat Idulfitri 1445 H di Masjid Balaikota Depok, Rabu (10/4/24)

Dalam ceramahnya, Idris  menekankan setidaknya ada 5 hal yang harus dirawat dan dipelihara pasca bulan Ramadhan

Kelima hal tersebut, kata Idris,, pertama menjaga dan merawat lisan, penglihatan dan pendengaran serta langkah langkah kaki kita pasca bulan ramadhan.

Menuritnya, selama bulan ramadhan, kita sudah terbiasa meninggalkan hal hal yang dilarang oleh Allah SWT." Jangankan  hal yamg haram. Hal yang mubah saja sudah kita tinggalkan selama ramadhan. Karena itu jaga lisan, penglihatan dan pendengaran serta langkah langkah kaki  selama bulan ramadhan agar tidak terpelset ke jurang kenistaan, setelah berlebaran ini, kita siap dan tidak mudah untuk berbuat dosa,' katanya

Selanjutnya, kata Idris, nilai kedua yang harus dipelihara adalah menjaga sikap dan prilaku .'Hati hati dalam bersikap dan berprilaku . Untuk itu, kita harus bisa merealisasikan amalan amalan yang dilakukan selama bulan ramadhan," ucapnya.

Ketiga, lanjut Idris, nilai yang harus dijaga adalah kejujuran. Sikap jujur telah dilatih dan ditanamkan oleh Allah SWT selama ramadhan. Nilai kejujurtan itulah yang harus kita rawat dan dipelihara ditengah kehidupan kita sehari hari, baik sebagai personal pribadi maupun sebagai warga negara Indonesia.

Untuk itu, Idris mengajak para jamaah untuk menjaga dan pelihara sikap jujur,  diantaranya jujur dalam pelayanan,  peradilan, jujur dalam segala sikap dan tindakan tindakan yang memang harus kita tindak dalam melawan hukum. Itulah nerupakan sebuah komitmen kita dalam kehidupam berbangsa dan bernegara. 

Sikap keempat yang harus dijaga dan dipelihara  adalah semangat berjamaah atau kebersamaan."Kita dilatih berbuka puasa bersama, taraweh bersama, makan sahur bersama, dan  melakukan kegiatan lainnya dengan kebersamaan. Suasana kebersamaan inilah yang harus kita jaga dan pelihara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,' ulasnya.

Terakhir,  tambah Idris, nilai yang harus dipelihara yaitu upaya pengendalian diri dari hawa nafsu.

"Insya Allah kita bisa merawat dan menjaga 5 hal tersebut sehingga bisa meniti jalan kedepan lebih baik sampai Allah SWT mempertemukan kita pada bulan ramadhan tahun berikutnya," tutup Idris .(wan)


Posting Komentar

0 Komentar