Karya P5, Siswa SD Pondok Petir 03 Praktik Pembuatan Ecoprint

 

Bojongsari,Depokterkini.com 

Siswa SD Pondok Petir 03 di wilayah Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok mengasah keterampilan dengan membuat ecoprint untuk mempercantik tas jinjing terkait dengan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Nur Ahdiani, guru setempat menuturkan, pembuatan  ecoprint untuk mempercantik tas jinjing yang dibuat para siswa dari kelas 1, 2, 4 dan 5 sekitar 250 siswa  tujuannya mengedukasi siswa membuat keterampilan yang ramah lingkungan sehingga.mengurangi sampah plastik.

Hal ini, dikatakan lebih lanjut sesuai dengan tema gaya hidup berkelanjutan.

"Jadi melalui ecoprint dengan memanfaatkan daun kemudian dicetak di dasar bahan blacu untuk dijadikan tas jinjing atau tote bag," ujar Nur Ahdiani yang akrab disapa Ria disela sela menjemur tas  bergambar daun bersama rekan guru di SD Pondok Petir 03 pada Jumat (31/5/2024).

Sebelum pelaksanaan praktik, sambung dia, siswa diberi materi sekitar dua minggu, kemudian praktik 2 hari.

Tas jinjing tersebut, ditambahkannya, bermanfaat bagi anak anak  bisa digunakan untuk tempat mukena, bahkan belanja di pasar dan untuk tempat lainya sesuai kebutuhan.

"Kalo tas tersebut kotor bisa dicuci dan kembali digunakan lagi hingga berulang ulang," katanya.

Pembuata ecoprint, diungkapkannya,  merupakan penerapan P5 berkaitan dengan kurikulum merdeka. 

Hanya saja, ditambahkannya, dalam kegiatan ini siswa kelas 3 dan 6 masih menggunakan kurtilas (kurikulim 2013) sehingga tidak mengikuti kegiatan ini. (Dib)


Posting Komentar

0 Komentar