Dosen PNJ Berikan Pendampingan Digital Marketing Kepada UMKM Jawara

 

Peserta Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing, UMKM yang tergabung dalam JAWARA Depok

Beji, Depokterkini.com

Perkembangan dunia pemasaran menuntut para pedagang untuk selalu meningkatkan keterampilan khususnya di bidang pemasaran digital.

Untuk itu dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang tergabung dalam KBK (Kelompok Bidang keahlian) Pemasaran bersama-sama melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memberikan sosialisasi dan pendampingan digital marketing kepada UMKN yang tergabung dalam Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok.

Sosialisasi digelar di Gedung serba Guna Politeknik Negeri Jakarta pada Rabu (5/6/24)

Ketua Pengabdian masyarakat KBK Pemasaran, Dr. Sylvia Rozza, SE, MM, mengatakan 70 persen dari 5000 lebih anggota Jawara Kota Depok bergerak dibidang makanan. 

UMKM yang baru berdiri sangat rentan terhadap penurunan penjualan karena kurangnya promosi  sehingga UMKM ini gampang gulung tikar. "Mereka sudah mencoba untuk menggunakan digital marketing tetapi banyak juga yang tidak bertahan. Sehingga permasalahan itu menjadi perhatian pihak dosen KBK Pemasaran untuk mengatasinya," kata Sylvia.

DR. Tetty Rimenda, SE,MSI memberikan plakat ucapan terima kasih kepada ibu Nuri Pamungkas 

Dikatakan, sosialisasi pengabdian kepada masyarakat ini menghadirkan Nuri Pamungkas selaku owner kipas SAE, yang berbagi cerita tentang kesuksesan usahanya membuat kipas dengan menyasar niche segmen, segmen spesifik yang membutuhkan kipas untuk life style. " Beliau berbagi suka duka, jatuh bangun dalam menggunakan digital marketing untuk memperkenalkan produknya," jelas Sylvia

Silvia menceritakan untuk mendukung usaha utamanya, Nuri menggunakan berbagai media sosial yang digunakan untuk mempromosikan produk l lain, misalnya jasa titip (Jastip).

Silvia berharap  dengan mendengarkan langsung pengalaman dari pelaku UMKM dapat memberi masukan kepada UMKM anggota Jawara Depok yang baru memulai usahanya.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan Efaningsih, praktisi dibidang promosi melalui digital marketing. Beliau menjelaskan pentingnya menggunakan digital marketing dan melakukan praktek langsung dalam membuat video dan editingnya. Suasana pelatihan sangat interaktif membuat peserta betah dan banyak bertanya.

DR. TETTY RIMENDA, SE,MSI memberukan plakat ucapan terima kasih kepada ibu Efaningsih


Adapun dosen yang tergabung dalam KBK Pemasaran adalah dosen yang memiliki keahlian dibidang pemasaran sehingga mereka dapat bersama-sama melakukan pengabdian yang berkaitan dengan bidang keahliannya Kegiatan ini dibantu dosen lainnya yaitu Dr. Tetty Rimenda, SE, MSi, Innas Rovino Katuruni, S.Hut, M.M Rahma Nur Praptiwi, S.Si, M.M serta 3 mahasiswa program studi D4 Keuangan dan Perbankan.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar