Tingkatkan Literasi Keuangan Digital dan Perbankan. Dosen PNJ dan BRI Edukasi UMKM

Dosen D4 Keuangan dan Perbankan foto bersama dengan peserta sosialisasi dari UMKM Jawara Sepok dan Nara sumber dari BRI


Beji, Depokterkini.com

Sebagai komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan digital dan perbankan,  Dosen PNJ  dan KC BRI Margonda Depok menggelar sosialisasi dan pendampingan kepada UMKM yang tergabung dalam Jawara Depok, Kamis (06/06/24). 

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengabdian yang dilakukan para dosen D4 Keuangan dan Perbankan, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). 

Kegiatan yang mengambil topik keuangan digital dan perbankan ini dilakukan karena fenomena minimnya wawasan dan pengetahuan di kalangan UMKM tentang keuangan digital.

Sosialisasi menghadirkan narasumber Dr. Taufik Hermansyah, S.Pd.I., S.E., M.M.membahas tentang literasi keuangan digital  dan  I Nyoman Triadhi  dari BRI  membahas tebtang KUR.

Ketua Pelaksana kegiatan, Tetty Rumenda, SE,MSI menyerahkan cinderamata kepada Narasumberdari BRI  I Nyoman Triadhi Arisudhana.


“UMKM perlu meningkatkan literasi keuangan digital dan perbankan agar naik kelas dan semakin berkualitas”, ungkap Dr. Tetty Rimenda, S.E., M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat PNJ. 

Setelah diberikan materi, lanjut Tetty, para peserta juga mendapat layanan kemudahan pendaftaran layanan QRIS, KUR, BRIMO dan BRILink.

Sesi selanjutnya pemberian materi terkait  Pemasaran Kredit oleh Heri Abrianto, S.E., M.M. selaku ketua program studi  D4 Keuangan dan Perbankan.

Dilanjutkan dengan mateti Strategi Pencegahan Fraud oleh Dr. Ida Nurhayati, S.H., M.H. 

Sementara itu, Dr. Elly Mirati, S.E., M.M., selaku dosen pengabdian.menjelaskan bahwa UMKM memerlukan materi tentang fraud agar para UMKM lebih aware dengan segala bentuk kejahatan dan penipuan digital yang marak saat ini.

Sosialisasi ini diikuti sekitar 35 UMKM dari berbagai lini bisnis, terutama bisnis kuliner. Peserta sangat antusias karena mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat yang dapat  diterapkan untuk bisnis yang dimilikinya.

Sutirah salah satu peserta mengaku senang mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan berbagai materi.

" Sosialisasi ini sangat berguna bagi bisnis. Semoga ke depan akan ada banyak kegiatan bagi UMKM," kata Sutirah  seraya berharap kegiatan seperti bisa berlanjut seperti pendampingan dalam pemasaran digital yang melibatkan mahasiswa.

Dosen Prodi D4 Keuangan dan Perbankan foto bersama dengan narasumber dari BRI Kantor Cabang Margonda


Kegiatan ini dilaksanakan oleh semua dosen program studi D4 Keuangan dan Perbankan diantaranya  Yenni Nuraeni, S.E., Efriyanto, S.E., , Agus Supriyadi, S.E., M.M.,  Rahmanita Vidyasari, M.T.,  Nuraeni Hadiati, S.ST., MBA., dan Sandhika Cipta Bidhari, S,M.B., M.M. 

Kegiatqn tersebut juga melibatkan sejumlah mahasiswa  yaitu Edward Hot Hamonangan Pasaribu, Siti Nur Khairunissa dan Hanifah Rahmah Fitriah. (Wan)


Posting Komentar

0 Komentar