Anggaran Kesehatan Depok Lebih dari Rp 100 M

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok kembali menggelar sosialisasi terkait penyelenggaraan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dan penjelasan tentang BPJS.

Dalam kesempatan itu, terkuak bahwasanya anggaran untuk kesehatan di Kota Depok mencapai lebih dari Rp 100 milyar. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Lahmudin Abdullah.

“Memang, anggaran untuk kesehatan yang telah diketuk palu oleh dewan terdahulu cukup besar yakni mencapai Rp 100 milyar lebih. Namun anggaran tersebut tidak hanya untuk orang sakit, akan tetapi infrastruktur termasuk lanjutan pembangunan RSUD Depok,” ujar Lahmudin, Kamis (13/11).

Ia menambahkan, bahwa anggaran tersebut lebih banyak terserap di bidang teknis ketimbang untuk masyarakat. Namun ke depan, pihaknya akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Berapa besar alokasi untuk lanjutan pembangunan RSUD Depok kami tidak tahu secara jelas, namun termasuk di dalam Rp 100 milyar itu. Kami juga telah menanyakan ke Kementerian Kesehatan bahwa akan ada dana hibah untuk RSUD,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, M Supariyono mengatakan, BPJS merupakan program baru dan besar yang masih sangat mungkin harus disempurnakan.

“Sosialisasi ini tak lain untuk menyerap dan menerima masukan-masukan terkait Jamkesda dan BPJS. Dari masukan itu, nantinya pemerintah dan BPJS menyempurnakan seperti apa keinginan masyarakat,” tandasnya.

Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Depok, Bety Indriasari Parapat mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat.

“Seluruh pihak harus berkoordinasi baik dari rumah sakit, pemerintah daerah dan BPJS. Ini merupakan koordinasi yang bagus, di mana DPRD memfasilitasi acara sossialisasi ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa pihak BPJS, Dinkes dan RSUD telah dipanggil oleh DPRD terkait persoalan yang ada di lapangan. Pihaknya juga membutuhkan dukungan dari pemerintah terkait fasilitas kesehatan di wilayah Depok.

Acara sosialisasi Jamkesda dan BPJS yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Cimanggis dihadiri pula oleh Kepala UPT Jamkesda, Anggota DPRD, Rudi Kurniawan, Sekcam Cimanggis dan ratusan warga Cimanggis.