Depok Incar Posisi 15 Besar Porda XII Bekasi


KONI Kota Depok menargetkan dapat meraih 18 medali emas pada PORDA XII Jawa Barat yang akan digelar pada 12-24 November 2014 di Kabupaten Bekasi. Depok menargetkan menempati posisi 15 besar dari 26 kota/kabupaten di Jawa Barat. Ratusan atlet yang akan berlaga di 26 cabang olahraga (cabor) merupakan potensi lokal, hasil pembinaan melalui Program Akselerasi Atlet Terpadu (Paket) yang dilakukan KONI Kota Depok selama empat tahun terkahir.
          
“Pada Porda Jabar tahun ini di Kabupaten Bekasi kita targetkan bisa meraih 18 medali emas untuk menempati posisi 15 besar. Di perhelatan tahun ini, seluruh atlet Kontingen Depok merupakan potensi lokal yang dibina selama empat tahun melalui Paket Koni Kota Depok. Jadi bukan atlet cabutan dari luar Depok. Semuanya potensi lokal,” kata Sekum KONI Kota Depok Hery Suprianto didampingi Ketua KONI Kota Depok Amri Yusra di Gedung KONI Kota Depok, kemarin.
          
Hery, dari 15 cabor yang diandalkan mendulang medali emas di Porda XII Jawa Barat itu diantaranya karate, kempo, catur, golf, wushu, pencak silat dan futsal. Termasuk dayung yang pada Porda XI, atas nama Kanti Santyawati meraih 1 medali emas dan 1 medali perak di nomor kayak.
          
Mengacu pada Porda XI di mana Kota Depok berada di posisi 23, kata Hery, maka KONI Depok langsung melakukan pembinaan khusus terhadap atlet-atlet potensial yang berlangsung selama empat tahun melalui Paket tadi. Pembinaan dilakukan bersama para pengurus cabang yang dibarengi dengan melaksanakan even-even kejuaraan.
         
 “Gelaran even kejuaraan masing-masing cabor untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembinaan yang dilakukan melalui Paket tadi. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, sehingga kita berani pasang target 15 besar dengan mendulang 18 medali emas di Porda XII Jawa Barat di Kabupetn Bekasi. Insya Allah terpenuhi,” tambahnya.
          
Pada Porda XII ini, ujar Hery, KONI Kota Depok menyediakan kadeudeuh bagi atlet berprestasi di Poirda XII ini. Untuk peraih medali emas akan mendapat kadedeuh Rp40 juta untuk perauh medali emas, Rp15 juta untuk medali perak dan Rp7 juta untuk medali perunggu.
           
terpisah Ketua PODSI Kota Depok Sariyo Sabani mengatakan, dirinya optimis Kanti Santyawati bakal menyumbangkan medali emas pada Porda XII mendatang. Juga beberapa pedayung sudah disiapkan untuk dapat bersaing dengan pedayung lainnya.
          
“Kanti yang dimiliki Podsi Kota Depok masih jadi andalan untuk meraih emas di Porda XII ini. Selain dia sebagai atlet nasional, Kanti masih sangat mencintai Depok sehingga dia bertekad akan menyumbangkan prestasi terbaiknya di perhelatan empat tahunan ini,” kata Sariyo yang juga Wakil Ketua PODSI Jawa Barat dan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Depok ini.(ash)