Kelurahan Cinangka Lestarikan Seni dan Budaya

Dalam upaya melestarikan seni dan  budaya, RW O8, Kelurahan Cinangka menggelar pentas seni dan budaya. Kegiatan tersebut diselenggarakan berkaitan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2014.

Murasa, ketua RW setempat yang juga penggagas kegiatan tersebut mengatakan, festival seni dan  budaya yang digelar tujuannya memperkenalkan seni dan budaya kepada masyarakat agar keberadaannya menjadi lestari."Jadi, kegiatan festival ini dalam rangka melestarikan seni dan budaya agar tidak ditelan jaman," kata Murasa, Jum.at (7/11) disela-sela peresmian acara.

Kegiatan festival seni dan budaya diantaranya palang pintu (silat tradisional),seni islam  hadroh, marawasi, band, mewarnai dan dimeriahlkan gerak jalan santai.

Festival seni dan budaya  dibuka  Camat Sawangan, Eko Herwiyanto. Dalam kesempatan itu ia memberikan apresiasi kepada penggagas acara karena kegiatan tersebut dinilai positif dalam rangka pelestarian  budaya dikaitkan dengan hari pahlawan.

"Dengan digelarnya festival seni dan budaya berarti ikut serta melestarikan seni dan  budaya sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Terlebih era saat ini masuknya budaya asing sehing bisa memudarkan seni dan  budaya jika tidak dilestarikan," ujar Eko.

Dia berharap dari kegiatan ini muncul generasi penerus untuk melestarikan seni dan  budaya, sehingga seni dan budaya tak hilang ditelan zaman.

Sementara itu, Lurah Cinangka, Juanda mengatakan, kegiatan festival seni dan budaya yang diselengarkan RW08 agar ditularkan ke RW lainnya sehingga seni dan budaya bangsa ini tetap lestari.(Sudi)