DKM Baiturrahman gelar Semarak Muharam 1436 Hijriyah


Sedikitnya 500 orang warga Kampung Cikumpa dari Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya dan Tirtajaya di Kecamatan Sukmajaya mengikuti gerak jalan santai dalam kegiatan Semarak Muharam 1436 Hijriyah, yang digelar DKM Baiturrahman (Masjid Merah) di Jalan Tole Iskandar.

Selain dimeriahkan dengan pembagian hadiah doorprize dan pemberian santunan kepada ratusan anak yatim dan janda duafa , kegiatan yang digelar satu hari di halaman masjid tersebut juga dimeraihkan dengan parade qasidah dan marawis.

“Kegiatan Semarak Muharam menyambut Tahun Baru 1436 Hijriyah ini berlangsung pada hari Minggu (2/11) sekaligus mengeratkan silaturahim warga sekitar masjid dan meningkatkan kepedulian terhadap waga kurang mampu, dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan janda-janda duafa,” kata Lamin seorang pengurus DKM Baiturrahman didampingi Ketua DKM Baiturrahman Sukirman dan tokoh masyarakat setempat Yahman, kemarin.

Menurut Lamin, kegiatan Semarak Muharam dilaksanakan DKM Baiturrahman setiap pergantian tahun hijriyah. Di samping itu DKM juga menggelar berbagai kegiatan menyambut har-hari besar Islam, seperti menggelar kegiatan Gebyar Ramadan, mauled dan isra miraj.“Semua kegiatan itu mendapat dari masyarakat dan donator,” tambah Lamin.
           
Sementara itu Ella Nurlela seorang peserta gerak jalan mengatakan, dirinya setiap tahun mengikuti serangkaian kegiatan yang dilaksanakan DKM Baiturrahman. Termasuk kegiatan selama Bulan Ramadan, di mana dilaksanakan Salat Tarawih dan kegiatan siar Islam lainnya."Pokoknya setiap kegiatan hari-hari besar Islam yang digelar di masjid ini saya ikutin. Seperti yang sekarang ini, dalam kegiatan Semarak Muharam 1436 Hijriyah ini,” katanya.(ash)