IDI Depok Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Dalam rangka memperingati HUT ke-64 Ikatan Dokter Indonesia mengajak dokter dan masyarakat selalu menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat, di antaranya dengan olah raga jalan sehat.

Gerak jalan yang dilakukan di pagi hari dengan santai secara rutin dapat meregangkan otot dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam beraktivitas sehari-hari.

Ketua Panitia Gerak Jalan Sehat Dr Dimas Wibowo  mengemukakan IDI Depok baru pertama kalinya menggelar kegiatan Jalan Sehat. Melalui kegiatan itu diharapkan dapat menjadi inspirasi  masyarakat meningkatkan  kesehatan.

“Selama ini banyak kegiatan IDI dilaksanakan di dalam ruangan. Ini pertama kali IDI menggelar Gerak Jalan Sehat, alhamdulillah 500 peserta dari berbagai unsur kesehatan  dokter, bidan, perawat dan masyarakat turut serta dalam kegiatan ini,” ucap Dimas kepada sejumlah wartawan yang hadir pada Gerak Jalan Sehat di Grand Depok City, Minggu (9/11).

Menurut Dimas, dipilihnya kegiatan Jalan Sehat adalah untuk berbagi bersama. Karena selain gerak jalan sehat juga digelar cek kesehatan gratis, yaitu cek gula darah, asam urat, tensi darah dan kolesterol. 

Dr Sukwanto Gamalyono Ketua IDI Depok menuturkan kegiatan gerak jalan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. ”Sehat itu ada empat, yaitu sehat Jasmani, sehat rohani, sehat sosial dan sehat ekonomi, tuturnya.

Sementara Wakil Wali Kota Depok mengucapkan selamat ulang tahun IDI Depok.  ”IDI Depok semakin keren dan  terus menjadi lebih baik,” ucapnya. 

Idris berharap kesehatan masyarakat Depok meningkat dengan tersedianya fasilitas kesehatan untuk warga yang lebih memadai, bahkan bisa menutupi kebutuhan kesahatannya.  ”Banyak orang sadar kalau sudah sakit. Mereka kurang memperhatikan pola hidup sehat. Ke depan puskesmas dan klinik kalau bisa jagan dipenuhi orang sakit,” tegasnya, sekaligus idris  berpesan warga untuk lebih waspada dan antisipatif lebih baik daripada kuratif. ”Terus kita kampanyekan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Spt).